Sunblock Untuk Balita

 

Tanya: Apakah anak saya (3,5 tahun) perlu menggunakan krim sunblock bila berenang? Berapa kadar SPF yang aman untuk anak balita?

Jawab: Perlindungan kulit anak terhadap efek sinar matahari hanya perlu dilakukan bila dia terpapar antara jam 10.00-16.00. Pada saat anak berenang, krim tabir surya yang dianjurkan adalah yang memiliki kandungan seng oksida dan titanium oksida dengan kadar SPF 15, tidak mengandung pewangi. Cara pemakaiannya adalah 15-30 menit sebelum terpajan sinar matahari, dan harus diulang setiap 2-3 jam setelah anak beraktivitas atau berendam di dalam air.

Sedangkan untuk perlindungan saat anak beraktivitas selain berenang, dapat dilakukan dengan memakaikan baju berlengan panjang dari bahan yang menyerap keringat (kaos atau katun), serta topi. Bila cuaca sangat terik, Anda dapat mengoleskan krim tabir surya pada bagian kulit tubuhnya yang tidak tertutup pakaian.

dr. Triana Agustin, SpKK,

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more