Bayi Susah BAB

Bayi Susah BAB Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Tanya: Sudah 4 hari, bayi saya (2 bulan) belum buang air besar (BAB). Biasanya dia memang BAB 3 hari sekali. Saya memberinya ASI campur susu formula (ASI 95%, susu formula 5%). Apakah ini penyebabnya?

Jawab: BAB bayi yang minum ASI cenderung lebih cair, lebih sering (bisa lebih dari 3 kali sehari) dan berbau agak asam. Hal itu karena dalam ASI terdapat kandungan laktosa dan prebiotik yang disebut FOS (frukto-oligosakarida) dan GOS (galakto-oligosakarida). Prebiotik sebenarnya adalah serat yang larut dalam air.

Frekuensi BAB bayi Anda yang 3 hari sekali, sebenarnya masih normal. Kemungkinan, ASI Anda kurang mengandung FOS dan GOS sehingga frekuensi BAB bayi cenderung jarang. Anda tidak perlu khawatir selama berat badan bayi naik dengan baik. Sayangnya, Anda tidak menyebutkan kenaikan berat badan bayi. Secara umum, kenaikan berat badan pada 3 bulan pertama adalah 750-1000 gram per bulan.
 
Untuk membantu melancarkan BAB bayi, sebaiknya bayi hanya diberi ASI, tanpa tambahan makanan atau minuman lain. Susui setiap kali bayi minta. Selain itu, juga bisa dilakukan pijatan/usapan di perut dengan minyak telon atau baby oil dari arah kanan bawah ke kanan atas dilanjutkan ke kiri atas ke kiri bawah, secara rutin 15 kali sehari.



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda