Bayi Susah Minum Susu

Bayi Susah Minum Susu Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Tanya: Bayi perempuan saya lahir secara ceasar dengan Berat Badan (BB) 3400 gram, panjang badan 50 cm. Tapi mengapa bayi saya susah sekali minum susu. Bayi saya ASI hanya sampai 2 bulan, sekarang minum susu formula. Berat badannya saat ini (usia 4,5 bulan) hanya 6,2 kg.

Jawab: Jika masih ada ASI kenapa harus diganti susu formula? Sebenarnya jika ASI dipompa secara rutin (2-3 jam sekali) tetap bisa produksi banyak lho. Karena dilihat dari segi manapun ASI tetap lebih baik dari susu formula yang paling mahal sekalipun.

ASI bahkan bisa disimpan di freezer untuk jangka waktu yang lama. Bayi mungkin menolak susu formula dari botol karena bentuk dan bahan dot berbeda dengan puting ibu. Susu formula pun memiliki citarasa yang berbeda dari ASI. Jadi perlu mencoba berbagai susu formula sampai menemukan yang cocok. Mungkin juga bayi menginginkan situasi minum seperti saat diberi ASI (adanya kontak kulit/fisik, dan lain-lain). Selagi bisa memberikan ASI semaksimal mungkin untuk bayi, karena kandungan ASI adalah yang terbaik.

Dr. Arti Kusumawati, Sp.A
RSIA Hermina Tangerang


Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  5 Tanda Autistik   89354   
>  Dana Pribadi Ibu Bekerja   30320   
>  Mengasuh Anak Autis   21580   
>  Kriteria Pengasuh yang Baik   18225