Imunisasi BCG dan Benjolan

 

Tanya: Di usia 1 bulan, bayi saya diimunisasai BCG. Tapi sampai umur 4 bulan, tidak muncul seperti bius di bekas suntikan BCG. Dokter menyarankan tes Mantoux lagi. Kalau negatif akan diulang imunisasi BCG, kalau positif akan ada tindakan selanjutnya, bagaimana sebaiknya?

Jawab: Memang benar umumnya timbul benjolan di bekas suntikan setelah 1 bulan. tetapi bukan berarti kalau tidak timbul benjolan harus diulang tesnya, sebab yang penting bayi sudah diimunisasi BCG. Hasil kekebalannya sama saja. Jadi, bayi Anda tidak perlu tas Mantoux (Mt) ulang sebelum imunisasi.
         Tes Mantoux (Mt) diperlukan kalau kita curiga ke arah TB, misalnya berat badan tidak naik dalam 2 bulan berturut-turut atau panas/demam lama, dan ada kontak dengan penderita TB dewasa. Selain itu, tidak benar bahwa Mt akan negatif sebelum usia 6 bulan. Yang benar adalah  kemungkinan besar akan negatif sebelum usia bayi 1 bulan. kalau setelah usia bayi 1 bulan dan dia menderita TB, makan Mt akan positif. Jadi, sebiknya imunisasi BCG tidak perlu diulang, dan kalau curiga Tb baru dilakukan Mt.
 

 



Artikel Rekomendasi