Penyakit Ginjal Bawaan Bisa Sembuh?

Tanya: Saat umur 7 bulan anak saya (17 bulan) didiagnosa menderita sakit ginjal bawaan lahir (Nefrotik syndrome tipe infantil). Dia sempat diberi obat Capoten, Lameson serta antibiotik. Kini dia hanya mengomsumsi vitamin saja. Apakah anak saya bisa sembuh total?  

Jawab: Sindrom nefrotik infantil terjadi karena proses imunologis, tetapi   penyebab pastinya belum diketahui. Pemberian Lameson (steroid) bertujuan menekan proses imunologis, sedangkan Capoten (katopril) untuk mengurangi protein dalam urin (antiproteinuria) dan sebagai antihipertensi jika terdapat tekanan darah tinggi.

Penyakit ini bisa sembuh tetapi perjalanan penyakitnya lebih berat dibandingkan sindrom nefrotik yang terjadi pada anak di atas 1 tahun. Selain itu, walau penyakit ini dinyatakan sembuh, tetap perlu dievaluasi terhadap kemungkinan terjadinya kekambuhan (relaps). Hal ini dilakukan dengan pemeriksaan urin untuk mengetahui adanya protein/albumin dalam urin (proteinuria) yang dilakukan secara berkala, misalnya 1–2 kali seminggu (tergantung keadaan pasien).

Upaya mempertahankan agar penyakit ini tidak kambuh memang sangat sulit. Selain menjalani cara hidup sehat, kita perlu menghindari dan mengobati terjadinya infeksi maupun alergi, karena keduanya dapat mencetuskan kekambuhan. Konsumsi garam pun perlu dibatasi.

Semoga anak Anda lekas sembuh.

dr. Sudung O. Pardede, SpA(K)





Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda