Usia 4 Bulan Belum Mampu Tengkurap

Tanya: Dokter, anak saya berumur 4 bulan, dengan berat badan 6,5 kg. Dia lahir lebih cepat 3 minggu dari tanggal perkiraan. Lahir lewat operasi cesar dan berat badan 2,5 kg. Yang mau saya tanyakan, sampai sekarang anak saya belum bisa tengkurap (baru bisa miring) dan lehernya belum terlalu kuat untuk ditegakkan. Apakah kelahiran yang lebih cepat berpengaruh pada perkembangannya? Bagaimana menanganinya?
 
Jawab: Bayi ibu lahir lebih cepat 3 minggu. Sehingga menurut usia koreksi (usia kronologis dikurangi lama waktu lahir lebih cepat) anak ibu baru berumur 4 bulan kurang 3 minggu. Usia koreksi dipakai untuk menilai pertumbuhan dan perkembangan bayi prematur sampai umur 3 tahun

Berdasarkan Growth Chart CDC 2000, berat badan bayi usia 3 bulan berkisar 4,8-7,4 kg (laki-laki), 4,4-6,8 kg (perempuan). Panjang badan 57-65 cm (laki-laki), 55-64 cm (perempuan). Lingkar kepala 38-43 cm untuk laki-laki dan 36-42 cm untuk perempuan. 

Perkembangan bayi meliputi kemampuan motorik kasar, motorik halus, psikososial dan bahasa. Bayi usia 3 bulan dapat menopang badan dengan lengan bawah, angkat kepala 45 derajat. Mampu mengikuti gerakan cincin membentuk lingkaran 360 derajat. Bayi usia 4 bulan leher baru kuat, angkat kepala 90 derajat, belajar mengguling-gulingkan tubuhnya ke kanan dan ke kiri., mampu menoleh ke arah sumber suara, tertawa keras atau teriak bila ada stimulas. Mampu mengikuti objek 160 derajat, memainkan / memperhatikan tangan/jari di tengah-tengah badan/wajah.

Bayi usia 5 bulan baru dapat tengkurap sendiri. Jadi pertumbuhan (berat badan) dan perkembangan anak ibu masih dalam batas normal, karena belum mencapai usia 4 bulan (berdasarkan usia koreksi).

 



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Melatih Memori Bayi   6407   
>  Memahami Perspektif Bayi   1667   
>  Perubahan Dunia Ayah   951   

 
 border=
Berat Badan Berlebih
Apakah saat hamil Anda mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan?
Ya
Tidak