Mengapa Kehamilan Terinfeksi TORCH?

 

Tanya: Mengapa kehamilan saya (2 bulan) terinfeksi TORCH padahal tidak memelihara kucing? Teman saya memelihara 22 kucing kehamilannya baik-baik saja.

Jawab: Parasit toksolpasma bisa menumpang hidup di kucing, anjing, kelinci, kambing atau babi. Memelihara banyak kucing di rumah memang bisa meningkatkan faktor risiko terkena toksoplasma, tetapi bukan berarti pasti terjangkit.

Meski tidak memelihara kucing, orang bisa terinfeksi saat kontak langsung dengan tanah yang kebetulan tercemar parasit –ketika berjalan tanpa alas kaki atau berkebun– makan daging yang kurang sempurna pematangannya atau sayuran dan buah-buahan mentah tanpa dicuci bersih. Selain itu, faktor daya tahan tubuh juga menentukan. Ada orang yang dinyatakan positif terinfeksi toksoplasma, namun belum langsung tampak gejala sakit bila daya tahan tubuhnya kuat.

Pastikan data pemeriksaan TORCH (Toksoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, Herpes) Anda akurat. Setelah diagnosa ditegakkan, jalani pengobatan agar infeksi toksoplasma tidak membahayakan janin.

dr. Yusfa Rasyid, SpOG

 



Artikel Rekomendasi