USG di Usia Kehamilan 6 Minggu

USG di Usia Kehamilan 6 Minggu Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Tanya:

Saat ini saya hamil yang kedua dengan usia 6 minggu 5 hari, dua hari yang lalu saya periksa ke dokter kandungan dan di USG. Dari hasil USG ternyata janin saya belum kelihatan. Normalkah ini? Karena ketika saya tanya ke dokternya biasanya pada usia ini janin sudah bisa kelihatan. Apa yang terjadi dengan kehamilan saya ini? Apa yang harus saya lakukan? 
(ndoek_elis@xxx.com)

Jawab:
Sebelumnya saya mau menanyakan bagaimana anda menentukan usia kehamilan 6 minggu 5 hari? Dengan menggunakan tanggal hari pertama haid terakhir memang bisa diperkirakan usia kehamilan yang sedang berlangsung tetapi perhitungan menggunakan tanggal haid ini memiliki akurasi yang baik jika anda mempunyai siklus haid yang teratur. Memang pada usia kehamilan muda (4-6 minggu) kadang kehamilan sudah dapat dilihat dengan USG, dimana yang dilihat awalnya adalah kantong kehamilan (gestational sac) dimana untuk menilai kantong kehamilan ini juga dipengaruhi oleh persiapan dan jenis pemeriksaan USG yang dilakukan. Ada dua macam pemeriksaan USG yang dapat dilakukan, USG transvaginal dimana pemeriksaan dilakukan melalui jalan lahir (dapat menilai kehamilan pada usia kehamilan yang lebih awal) dan USG transabdominal dimana pemeriksaan dilakukan melalui dinding perut (memberikan gambaran yang lebih jelas saat kandung kemih terisi atau menahan berkemih). Selain itu kemampuan alat USG yang digunakan juga menentukan apakah kehamilan sudah dapat terlihat atau belum pada kehamilan muda. 
Dari pemaparan di atas, saya harap dapat memberi gambaran bahwa tampak atau tidaknya kantong kehamilan dengan  USG pada awal kehamilan dipengaruhi oleh banyak faktor dan tidak selalu disebabkan gangguan pada kehamilan.
Jika pada pemeriksaan USG transabdominal  kantong kehamilan belum tampak pada  kehamilan muda dengan hasil tes urin positif hamil tanpa keluhan maka sebaiknya pemeriksaan USG diulang kembali 2 minggu kemudian. Pada kehamilan normal, saat itu kantong kehamilan pasti sudah tampak. Jika dengan USG transabdominal tidak tampak kantong kehamilan disertai hasil test urin positif hamil dan tanda-tanda gangguan kehamilan seperti bercak darah, kontraksi rahim atau nyeri perut bagian bawah maka dokter biasanya menyarankan pemeriksaan USG transvaginal untuk menilai keadaan kehamilan saat itu. Tentu saja USG transvaginal dapat saja dilakukan pada kondisi kehamilan tanpa keluhan dan jika kantong kehamilan tetap belum tampak juga maka pemeriksaan ulang dilakukan 2 minggu kemudian.
Semoga penjelasan ini dapat membantu menjelaskan kondisi yang anda alami.

Salam,
Dr. Arman,SpOG



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Melatih Memori Bayi   6307   
>  Memahami Perspektif Bayi   1602   
>  Perubahan Dunia Ayah   668   

 
 border=
Berat Badan Berlebih
Apakah saat hamil Anda mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan?
Ya
Tidak