Bekas Operasi Caesar Bernanah

Tanya: Istri saya 2 bulan lalu melahirkan dengan operasi caesar. Dua bulan kemudian ada masalah dengan bekas luka jahitannya. Di sekitar luka jahitan mulai keluar nanah.
 
Pertama kami kira terjadi infeksi, tetapi setelah kami periksa ke dokter kandungan, terjadi penolakan tubuh terhadap benang jahitan. Kemudian pada saat BAK pernah keluar cairan dengan benang jahitan. Sekarang luka bekas caesar di luar telah kering. Namun beberapa saat kemudian keluar darah kembali pada saat mandi.
 
Bagaimana keadaan jahitan pada lapisan dalam, apakah mengalami penolakan juga? Apa yang harus saya lakukan untuk merawat dan mengobati istri saya?

Jawab: Kadang-kadang tubuh memang menolak benang jahit tersebut sehingga benang yang seharusnya sudah diserap oleh tubuh dalam hitungan hari tidak terserap walaupun sudah 2 bulan. Mekanisme tubuh menganggap benang tersebut menjadi benda asing sehingga berusaha untuk dikeluarkan dengan jalan di dorong keluar tubuh melalui kulit, dan penyembuhan luka secara sekunder. Biasanya jika benang telah keluar dan kulit telah kering dan luka tidak basah lagi maka lapisan dalam sudah mengering dan sembuh. Hal yang harus dilakukan adalah, cegah supaya luka tidak infeksi dengan dilakukan kompres dengan cairan antiseptic, sampai luka mengering.

Dr. Agustinus Gatot, Sp.OG  
RS Mitra Keluarga Bekasi



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Mengenal Neuroblastoma   16224   
>  2 Jenis Senyum Bayi   14459   
>  Balita Hobi Tampil   10253