Keputihan Pengaruhi Persalinan dan Janin?

Keputihan Pengaruhi Persalinan dan Janin? Ayahbunda.co.id
Image by : Fotosearch
Tanya: Sejak hamil minggu ke-15, saya (23 tahun, hamil 25 minggu) mengalami keputihan,  dan dokter memberi obat per vagina untuk 5 hari serta dilarang berhubungan intim. Setelah seminggu berobat, saya kembali keputihan sehingga diberi lagi obat yang sama namun belum sembuh juga. Apakah keputihan berpengaruh terhadap persalinan dan janin?

Jawab: Keputihan atau keluarnya discharge selama kehamilan adalah hal wajar, terjadi karena adanya penumpukan cairan di tubuh. Menjadi tidak normal bila berbau tidak sedap dan timbul keluhan seperti rasa panas, gatal dan ada keluhan buang air kecil seperti anyang-anyangan. Terkadang sulit membedakan bersifat terinfeksi atau tidaknya suatu keputihan dari warnanya. Untuk itu perlu dibuktikan dengan pemeriksaan swap atau oles lendir vagina.

Yang penting diamati adalah terjadi tidaknya kontraksi rahim akibat infeksi tersebut. Jika ada kontraksi secara berkala -perut kram seperti mau menstruasi- Anda perlu khawatir karena bisa disebabkan oleh keputihan yang terinfeksi. Jika tidak ada, jangan cemas dan jangan terlalu sering menggunakan obat-obatan. Cukup lakukan washing dan drainage -pencucian dan pembasuhan- vagina dengan cairan steril atau cairan yang mengandung PH balance yang kini banyak dijual di swalayan dan toko obat.

dr. Yusfa Rasyid, SpOG





Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

 
 border=
Tema Dongeng Favorit
Yang manakah dongeng favorit anak Anda?
Fabel (Binatang)
Luar angkasa
Kejadian sehari-hari
Kepahlawanan
Dongeng kerajaan (Pangeran/Putri)