Tanya-Jawab: Bayi Baru Lahir Pilek

Tanya: Bayi saya, 1 bulan, berat badan lahir 3 kg, panjang 51 cm. Sejak umur 10 hari dia tampak pilek, terutama malam hari. Dia gelisah dan sulit tidur karena hidungnya tersumbat. Dokter memberinya obat antibiotika, tapi masih pilek juga.  
Apa penyebab pileknya? Berbayakah bagi bayi? Dapatkah pilek pada bayi mengganggu saluran pernapasan hingga ke paru-paru?

 
Jawab: Melihat usia anak Anda yang baru 4 minggu sudah diberi obat antibiotika namun belum sembuh juga, maka kemungkinan dia menyandang alergi. Bisa alergi terhadap susu sapi (susu formula yang terbuat dari susu sapi), atau karena alergi debu rumah.  

Untuk mengatasinya, coba jangan dulu diberi susu formula yang berasal dari susu sapi, tetapi beri ASI saja (ASI eksklusif). Kalau pun dokter menyatakan kurang dan harus ditambah, maka berikan susu formula dari kacang kedelai. Bila selama dua sampai tiga minggu keadaannya membaik, jangan lagi diberi susu sapi (susu formula yang terbuat dari susu sapi) sampai selama 6 bulan.  

Jika dengan cara ini pileknya masih terus terlihat, sebaiknya bawa si kecil ke dokter ahli THT. Selain itu, perhatikan kebersihan ruang tidurnya, jangan sampai banyak debu atau lembab. Pastikan ia mendapatkan udara bersih setiap hari dari jendela/lubang angin yang memadai.  

Pilek yang berkepanjangan biasanya menyebabkan anak jadi gelisah dan kurang istirahat, juga sulit makan. Bila pilek seperti ini dibiarkan terus, dikhawatirkan mengganggu pendengarannya. Pada anak yang lebih besar, kondisi ini dapat menyebabkan sinusitis (radang rongga hidung) dan menderita batuk menahun.  
 



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Melatih Memori Bayi   7298   
>  Memahami Perspektif Bayi   2031   
>  Perubahan Dunia Ayah   1426   

 
 border=
Kegiatan di Mobil
Apa kegiatan di mobil yang Anda lakukan saat mengantar anak ke sekolah?
Membacakan buku
Mengajak ngobrol
Bernyanyi
Melakukan aktivitas edukatif di tablet