Tanya-Jawab: Luka Caesar Tak Juga Sembuh

Tanya: Tiga minggu lalu saya menjalani operasi caesar lagi. Jarak antara operasi pertama dengan kedua adalah 2 tahun 3 bulan. Operasi pertama tidak bermasalah, namun setelah operasi kedua, muncul cairan kental berwarna bening dan bercak cokelat (tidak berbau) di satu titik jahitan bekas operasi. Oleh dokter saya diberi antibiotika. Setelah tiga hari, lendir sudah tidak keluar tapi masih ada bercak. Apa yang harus dilakukan agar cepat sembuh?

Jawab:
Luka operasi yang masih basah, keluar cairan atau bercak merupakan komplikasi yang biasa terjadi setelah operasi. Biasanya hal ini berkaitan dengan kondisi kesehatan ibu, adakah anemia atau kurang darah. Atau, sebelumnya sering minum antibiotika untuk mencegah infeksi. Selain itu, penyakut juga dapat menurunkan daya tahan tubuh, sehingga penyembuhan luka agak terhambat. Misalnya, bila ada penyakit gula (diabetes).

Pemakaian sejenis antibiotika yang lama dan berulang-ulang juga dapat menyebabkan bakteri atau kuman menjadi kebal. Jadi, perawatan luka operasi harus meliputi permaikan daya tahan tubuh, dengan meningkatkan dan mengevaluasi jenis antibiotika yang lebih tepat. Selain itu, penawaran luka operasinya sendiri harus baik, dijaga higienisnya dan dibutuhkan kesabaran.



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  5 Tanda Autistik   89264   
>  Dana Pribadi Ibu Bekerja   30259   
>  Mengasuh Anak Autis   21561   
>  Kriteria Pengasuh yang Baik   18181