Vagina Keluar Darah Saat Hubungan Intim

Vagina Keluar Darah Saat Hubungan Intim Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Tanya: Setelah seminggu selesai nifas, saat berhubungan intim vagina saya mengeluarkan bercak kecokelatan. Apakah saya mengalami perdarahan dan berbahayakah?

Jawab: Keluarnya darah dari vagina saat berhubungan intim dapat disebabkan beberapa hal. Salah satunya terjadi karena luka pada dinding vagina atau mulut rahim, akibat gesekan yang terlalu kuat, sehingga dinding vagina teriritasi. Jika itu penyebabnya, dapat disiasati dengan penggunaan pelumas atau foreplay lebih lama, agar terjadi lubrikasi vagina yang cukup.

Penyebab lainnya pada Anda mungkin berhubungan dengan masa nifas atau pascapersalinan. Masa nifas umumnya berakhir sekitar 40 hari setelah persalinan, namun 13% perempuan mengalaminya hingga 60 hari. Berakhirnya nifas ditandai dengan berhentinya perdarahan dari vagina yang terjadi dalam 4 tahap, yaitu tahap lokia rubra (warna merah berisi darah segar, jaringan sisa plasenta) sekitar 1 minggu, lokia sanguelenta (warna merah dan berlendir) sekitar 1-2 minggu, lokia serosa (warna kekuningan) selama 2 minggu, dan lokia alba (warna putih biasa dan bening) sekitar 6 minggu.

Coba cermati apakah perdarahan berlanjut terus tanpa atau pada saat berhubungan intim. Bila ya, periksakan ke dokter kandungan untuk mengetahui penyebab dan mendapatkan solusinya.

dr. Ali Sungkar, SpOG





Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Seni Memberi Nama Anak   37560   
>  Buang Stres Saat Hamil!   23971   
>   Penularan AIDS Pada Bayi   20368   
>  2 Jenis Senyum Bayi   17186   
>  Balita Hobi Tampil   10933