Khawatir Luka Bekas Caesar

 

Tanya: Empat  bulan lalu saya bersalin anak pertama secara Caesar. Sekarang hamil lagi, padahal bekas luka belum pulih. Bila perut saya membesar, apakah akan mengganggu jahitan Caesar dan menimbulkan rasa sakit?

Jawab: Dibanding beberapa tahun lalu, teknologi benang operasi masa kini memungkinkan penyembuhan luka operasi, khususnya operasi Caesar,  jadi lebih baik, dengan efek negatif lebih rendah. Rasa nyeri akibat operasi yang bisa timbul pun, saat ini bisa berkurang jauh lebih banyak. Rasa nyeri biasanya lebih dirasakan sebagai rasa tidak nyaman (discomfort). Nyeri lebih banyak dirasakan bila terjadi perlengketan operasi, yang jarang terjadi saat ini.
    
Konsultasikan pada dokter bila terjadi rasa nyeri yang tidak bisa ditahan, ketika perut Anda membesar akibat kehamilan. Kemungkinan dokter akan melakukan terapi obat-obatan yang aman untuk kehamikan. Evaluasi bekas luka operasi dengan ultrasonografi dan melihat ketebalan dan keoptimalan bekas luka, bisa memberi gambaran akurat tentang status penyembuhan rahim Anda.

dr. Yuditia Purwosunu, SpOG:
 

 



Artikel Rekomendasi