Tanya-Jawab: Hipertensi Selalu C-Section?

 

Tanya: Apakah jika ibu darah tinggi maka bayi harus dilahirkan dengan operasi?

Jawab:
Biasanya, darah tinggi pada ibu hamil berkaitan dengan kelainan yang disebut pre-eklampsia yang biasanya terjadi di trimester ketiga. Selain gejala hipertensi (tekanan darah tinggi), tanda lainnya adalah kaki bengkak (odema) dan ditemukannya protein di dalam urin.

Jika ibu hamil mengalami koma atau kejang-kejang, maka pre-eklampsia yang dideritanya sudah berat dan disebut eklampsia. Tentu ini sangat berbahaya bagi janin dan ibunya. Komplikasi pada ibu bisa mengarah pada gangguan organ-organ tubuh, seperti jantung, hati, ginjal dan otak. Pada bayi, dapat mengakibatkan kekurangan oksigen dan kekurangan glukosa sehingga menimbulkan gawat janin hingga menyebabkan kematian ibu. Atau menyebabkan gangguan pertumbuhan janin, sehingga berat janin menjadi sangat rendah.

Pada kondisi seperti itu, jika dilakukan induksi, maka tak jarang justru memicu kenaikan tekanan darah, bahkan bisa memicu timbulnya kejang-kejang. Oleh karena itu, pilihan persalinan biasanya operasi caesar. Kalaupun persalinan sudah mendekati tahap akhir, bisa dilakukan dengan bantuan alat vakum atau forceps (tang)
 

 



Artikel Rekomendasi