Gigi Balita Kuning dan Keropos

 

Tanya: Sebagian gigi depan dan geraham anak saya (22 bulan) keropos dan berwarna kuning. Apakah disebabkan cara minum susu pakai dot abnya? Selain itu, sehatkah gusi bagian bawah yang berwarna agak gelap?  

Jawab: Usia 22 bulan sampai kira-kira 3 tahun adalah masa pertumbuhan atau erupsi gigi susu. Setelah usia 6 atau 7 tahun, gigi tersebut akan tanggal dan diganti oleh gigi tetap. Faktor nutrisi berperan penting dalam pembentukan komponen gigi, yaitu yang kaya vitamin A, C, D, kalsium serta flourida, untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, kurangilah asupan gula. Susu atau makanan yang berada di rongga mulut memang bisa memengaruhi kondisi gigi anak. Itu sebabnya, kita harus menjaga kebersihan mulut, gigi dan gusi. Mulailah dengan menggunakan kain atau kassa, atau paling tidak berkumur untuk membantu mengurangi kontak antara zat yang terkandung dalam makanan atau minuman dengan gigi-geligi. Kenalkan sikat gigi dan pasta gigi sejak usia 2-3 tahun. Juga hindari kegiatan mengisap yang bukan makanan (non-nutritive sucking), seperti mengisap jari atau empeng karena akan menyebabkan maloklusi gigi (posisi gigi yang tidak rata sehingga mulut tidak dapat menutup rapat), terutama bila anak masih mengisap jari atau empeng pada usia di atas 1 tahun. Gusi yang sehat berwarna merah muda sampai merah tua. Yang penting, jaga kebersihan gusi anak.
Dr. dr. Rini Sekartini, SpA(K)


 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more