Kebutuhan Kalsium Ibu Hamil

 

Tanya: Tabel Kecukupan Gizi menyebutkan ibu hamil butuh 1150 mg kalsium per hari. Apakah dalam bentuk kalsium umum (Ca laktat, Ca karbonat) atau elementernya, misalnya Ca karbonat namun hanya 40% elementer kalsiumnya?

Jawab: Kalsium yang Anda konsumsi –dalam bentuk makanan, minuman atau suplementasi– tidak semuanya diserap tubuh, namun sebagian akan dikeluarkan kembali oleh tubuh. Kalsium pada makan dan minuman yang dikonsumsi, bentuknya adalah campuran dengan bahan lain: karbonat, sitrat, atau laktat. Saat dicerna tubuh, kalsium campuran akan terurai menjadi kalsium murni atau elementer, yang siap diserap ke dalam darah.

Itu sebabnya, ketika memilih suplementasi kalsium, lihat campuran kalsium yang dikandung, sebab akan menentukan kadar kalsium murni yang dapat diserap tubuh. Saat ini, kalsium karbonat paling banyak digunakan, karena memiliki persentasi kalsium murni cukup tinggi sekitar 40%, meski perlu asam lambung yang lebih banyak untuk mencernanya, sehingga sebaiknya dikonsumsi bersama makanan. Kebutuhan kalsium ibu hamil sekitar 1000 mg per hari, adalah kalsium murni atau elementer.

dr. Ridwan, SpOG

 



Artikel Rekomendasi