Menambah Berat Badan Balita

Menambah Berat Badan Balita Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Tanya: Bagaimana menambah berat badan balita? Balita saya 16 bulan, 9 kg, makan 3 kali sehari dengan sayur dan lauk, susu 3-4 botol @ 120 ml, dan buah 1 kali, bergerak sangat aktif, tidur cukup, tapi berat badan sulit naik.

Jawab: Sayang tinggi badan balita tidak Anda cantumkan. Saya asumsikan tubuhnya sehat. Berat badan akan naik bila ada kelebihan kalori antara kalori yang masuk dengan kalori yang digunakan tubuh seperti untuk aktivitas, pertumbuhan, kebutuhan energi basal, mencerna makanan, dan sisa yang dibuang. Kebutuhan basal, mencerna, dan sisa, relatif tetap jumlahnya. Kalori selebihnya dari masukan makanan akan digunakan untuk aktivitas dan pertumbuhan. Bila masukan kalori pas-pasan atau bahkan kurang, sementara aktivitasnya tinggi, maka tidak cukup kalori untuk pertumbuhan. Artinya, berat badan atau tinggi badan tidak bertambah.

Kebutuhan balita Anda dengan berat 9 kg kurang lebih 1000 Kalori/hari. Dari susu 3-4 x 120 ml, kalorinya antara 240 – 325 Kalori/hari sehingga sisanya yakni 675 – 750 Kalori harus dari makanannya. Apakah ini sudah dicukupi oleh jumlah makanannya sehari-hari? Untuk mengetahuinya, Anda dapat berkonsultasi dengan ahli gizi dan minta penjelasan tentang jumlah dan jenis makanan sejumlah tersebut.

Untuk sementara, Anda dapat menambah kalori yang masuk dengan memberi anak makanan cair yang kalorinya 100 Kalori/100 ml. Takaran 150 ml setiap kali minum sehingga kalorinya antara 450 - 600 Kalori/hari.



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

 
 border=
Tema Dongeng Favorit
Yang manakah dongeng favorit anak Anda?
Fabel (Binatang)
Luar angkasa
Kejadian sehari-hari
Kepahlawanan
Dongeng kerajaan (Pangeran/Putri)