Penyakit Asma Pada Anak

 

Tanya: Apakah sebenarnya penyakit asma dan bagaimana mengobatinya? Saya curiga anak saya (4) menderita asma.

Jawab: Asma adalah penyakit menahun yang menyerang saluran pernapasan bawah. Gejalanya adalah batuk yang “membandel”, yaitu batuk yang tidak sembuh-sembuh dan datang berulang-ulang. Ketika serangan batuk ini datang, biasanya anak yang menderita asma akan mengalami sesak napas dan bila bernapas akan berbunyi “ngik, ngik, ngik” (batuk mengi).

Anak penderita asma memiliki kelainan berupa peradangan kronik pada saluran napasnya akibat bakat alergi yang diwarisinya. Alergi ini menyebabkan tubuh anak cenderung melakukan reaksi berlebihan bila ada suatu zat atau kondisi pencetus tertentu yang pada orang normal tidak menimbulkan reaksi tubuh apa pun. Bila anak Anda menderita asma, saluran pernapasannya akan mengeluarkan lendir yang berlebihan dan saluran pernapasannya menyempit sehingga dia menjadi sesak napas.

Karena asma adalah penyakit bawaan atau genetik, maka tidak dapat diobati, melainkan hanya dapat dikurangi timbulnya reaksi berlebihan yang dilakukan oleh tubuh. Antara lain dengan memberikan obat pereda gejela, dalam bentuk inhalasi atau obat yang dihirup.

dr. Darmawan Budi Setyanto, SpAK


 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more