Tanya-Jawab: Membaca Hasil TORCH

 

Tanya: Dari hasil pemeriksaan TORCH di kehamilan 12 minggu, diketahi Rubelle lgG 310, Rubella lgM Negatif, Sitomegalus lgG 50, Sitomegalus lgM Negatif, Herpes Simplek II lgG 3.43. apakah arti hasil pemeriksaan tersebut? Apakah hasil TORCH saya mengancam kehamilan dan janin?

Jawab: Dalam pemeriksaan TORCH, kode IgG berarti kekebalan tubuh. Sedangkan lgM berarti adanya virus atau gejala infeksi dalam tubuh. Keduanya menggambarkan titer atau jumlah substansi yang dibutuhkan untuk menimbulkan reaksi dengan, atau berhubungan dengan, jumlah substansi lain, dalam darah Anda, dan respon tubuh terhadap virus.
 
Pada hasil pemeriksaan TORCH Anda terlihat Rubella lgG 310, artinya tubuh Anda memiliki peningkatan kekebalan terhadap serangan rubella debfab kadar yang tidak ekstrem tinggi, sedangkan Rubella lgM Negatif artinya dalam tubuh Anda tidak ada gejala infeksi rubella.
Pada hasil pemeriksaan sitomegalovirus (CMV), hasilnya Sitomegalus lgG 50, artinya terjadi peningkatan kekebalan terhadap CMV tanpa gejal ainfeksi (lgM). Pad ahasil pemeriksaan herpes, tergambar adanya peningkatan kekebalan terhadap herpes dengan kadar tidak ekstrim tinggi, tanpa gejala infeksi (lgM).
 
Soal ancaman kehamilan dan janin, perlu diketahui bahwa pembentukan organ janin (organogenesis) biasanya selesai setelah mingggu ke-12. ganguan pemebntukan organ dapat dipantau dengan pemeriksaan USG. Titer lgG yang meningkat pada tingkatan tertentu-seperti hasil pemeriksaan TORCH Anda-tidak mengancam janin dan terapi tidak diperlukan. Untuk menginformasi hal lainnya berdasarkan hasil pemeriksaan TORCH, silahkan ditanyakan dokter kandungan Anda.
 

 



Artikel Rekomendasi