Tanya-Jawab:Bayi Kegemukan

 

Tanya: Bayi saya (3 bulan 3 minggu, bert lahir 3.900 gram), memiliki bobot 9.800 gram. Apakah bayi saya kegemukan? Padahal, selama ini belum saya beri makan, hanya ASI dan sesekali saya ber susu formula (ketika saya bekerja).

Jawab: Sayang Anda tidak mencantumkan jenis kelamin dna panjang badannya, sehingga tidak bisa dihitung berapa berat badan idealnya. Jika diasumsikan panjang badan bayi tergolong rata-rata bayi seusianya, maka status gizinya adalah obesitas, baik laki-laki maupun perempuan.
Melihat kenaikan berat badannya, tampaknya air susu Anda sangat mencukupi. Saya sarankan untuk terus memberinya ASI, dan menunda pemberian susu formula. Sempatkan membuat stok ASI perah yang diberikan saat Anda bekerja.
                        Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang mandapat ASI mempunyai risiko obesitas lebih kecil dibanding bayi yang mendapat susu formula. Selain dapat mengurangi risiko penyakit lain, bayi yang mendapat ASI juga mempunyai risiko lebih rendah untuk mengalami penyakit jantung koroner (salah satu komplikasi obesitas) karena ASI mengandung asam lemak tak jenuh dan asam lemak jenuh dengan komposisi ideal. Selanjutnya, bila nanti usianya sudah 6 bulan, maka harus diperkenalkan makanan pendamping ASI yang diberikan bertahap sesuai usia dan kebutuhannya.  
 

 



Artikel Rekomendasi