Ayo Bernyanyi

 

Bayi suka bunyi-bunyian, syair, dan lagu dengan irama gembira. Bersenandung, bernyanyi, dan bersiul saat menemaninya bermain, bahkan saat melakukan rutinitas seperti mandi atau mengganti popok akan mendukung perkembangan lima inderanya. Ayo, lakukan kegiatan ini dengan ekspresi dan bahasa tubuh yang menyenangkan!

Bernyanyi dan Berayun
Saat berjalan-jalan di taman, gendong bayi dengan kedua tangan Anda di bawah ketiaknya, sehingga tangan dan kaki bayi bebas bergerak. Muka bayi bisa menghadap Anda atau menghadap ke depan. Ayun tubuh bayi ke samping  perlahan-lahan sambil menyanyikan sebuah lagu, lalu beri ia kejutan dengan mengangkatnya ke atas dan ke bawah di tengah-tengah lagu. Selain menyenangkan bayi, nyanyian dan ayunan dapat merangsang keseimbangan, daya ingat  dan indera pendengarnya.

Bernyanyi Menguatkan Otot Kaki
Bayi usia 6 bulan otot-otot kakinya semakin kuat, biasanya senang dimotivasi untuk berdiri sendiri di atas kedua kakinya dengan bantuan Anda. Agar aktivitas ini menyenangkan, lakukan sembari menyanyikan sebuah lagu gembira. Mulai dengan membaringkan bayi dalam posisi telentang menghadap Anda dengan kaki lurus ke arah Anda. Perlahan-lahan bantu dia duduk dan berdiri.  

Bernyanyi Merangkai Kata  
Letakkan sebuah boneka, misalnya bebek, di atas lantai di hadapan Anda berdua. Nyanyikan lagu Potong Bebek Angsa, dan gerakkan bebek itu seolah sedang menari-nari saat Anda menyanyi. Tanya padanya, “Mana bebek?” Jangan cemas, bila  dia belum bisa menjawab pertanyaan Anda. Tunjuk saja dan tirukan suaranya, lalu bernyanyi lagi. Kombinasi musik dan visualisasi meningkatkan ketertarikan bayi Anda terhadap bahasa dan membantunya membangun rangkaian kata.

 



Artikel Rekomendasi