Ayo Nak, Kamu Bisa!

 

Bayi Anda perlu diberi tantangan untuk membangun rasa percaya dirinya, namun jangan buat ia frustrasi dengan memberi mainan atau aktivitas yang berada di luar batas kemampuannya. Dengan diberi tantangan, bayi akan belajar mencari jalan keluar dari masalah. Setelah 'misi' selesai, jangan lupa menghujaninya dengan pelukan, ciuman, dan senyuman Anda. Dijamin, percaya dirinya akan tumbuh pesat. Yuk mulai bermain!

Buka Kado
Beri contoh bagaimana Anda -pura-pura- mendapat hadiah dan membukanya. Berikan dan letakkan sebuah hadiah dalam kotak di hadapannya. Minta ia membukanya. Bila dia tampak kesulitan membuka kotak tersebut, tahan keinginan Anda untuk cepat-cepat membantunya. Bila tidak juga bisa  membukanya, tunjukkan caranya, namun setelah itu tutup kembali kotaknya dan biarkan dia mencoba membukanya lagi.

Menyusun Gelang
Jajarkan gelang berbagai ukuran dan warna di hadapan anak. Beri contoh cara menyusun gelang-gelang tersebut di batang penopangnya sesuai ukuran dari besar ke kecil. Keluarkan gelang-gelang tersebut dari batang penopangnya lalu, minta dia menyusunnya kembali. Beri pujian walau susunannya belum beraturan. Bila perlu, tunjukkan lagi susunana yang tepat. Aktivita ini mengasah kemampuan anak menyelesaikan masalah, menstimulasi kemampuan  motorik halus, mengasah kemampuan koordinasi mata-tangan, dan membedakan warna serta bentuk.  

Merapikan Rumah  
Saat merapikan mainannya, minta bayi mendorong keranjang tempat  mainannya ke arah Anda. Kegiatan ini mengasah kemampuan anak merangkak atau berjalan sendiri tanpa bantuan  orang lain, menguatkan otot-otot tangan dan kaki, serta mengembangkan keseimbangan tubuhnya.


 



Artikel Rekomendasi