Balita Tidak Suka Susu Formula

 

T: Kenapa anak saya tidak suka minum susu formula semenjak ia disapih, dan ia jadi lebih rewel. Apakah ada yang salah dengan cara menyapih saya?

J: Pengertian menyapih adalah mulai memperkenalkan makanan lain selain ASI dan bukan semata-mata mengganti ASI dengan susu formula. Jika ini yang Bunda lakukan, maka sudah benar. Anak-anak umumnya lebih menyukai ASI karena ASI sangat kaya rasa dibandingkan susu formula yang plain atau kurang bervariasi. Alasan ini yang menyebabkan anak cenderung menjadi lebih rewel. Namun, Bunda tak perlu khawatir karena setelah usia satu tahun, susu formula hanya memenuhi 30% dari total kalori yang dibutuhkan anak dan 70% kebutuhan kalori sisanya disuplai oleh makanan padat. Jika anak tidak mau susu formula, maka kebutuhan kalori diberikan lebih banyak dalam bentuk makanan padat, dan tetap memberikan susu formula dengan jumlah yang lebih sedikit atau dicampurkan dengan makanan, seperti puding.

DR. Dr. Lanny C Gultom, SpA

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more