Bayi Susah Minum Susu

 

Tanya: Bayi perempuan saya lahir secara ceasar dengan Berat Badan (BB) 3400 gram, panjang badan 50 cm. Tapi mengapa bayi saya susah sekali minum susu. Bayi saya ASI hanya sampai 2 bulan, sekarang minum susu formula. Berat badannya saat ini (usia 4,5 bulan) hanya 6,2 kg.

Jawab: Jika masih ada ASI kenapa harus diganti susu formula? Sebenarnya jika ASI dipompa secara rutin (2-3 jam sekali) tetap bisa produksi banyak lho. Karena dilihat dari segi manapun ASI tetap lebih baik dari susu formula yang paling mahal sekalipun.

ASI bahkan bisa disimpan di freezer untuk jangka waktu yang lama. Bayi mungkin menolak susu formula dari botol karena bentuk dan bahan dot berbeda dengan puting ibu. Susu formula pun memiliki citarasa yang berbeda dari ASI. Jadi perlu mencoba berbagai susu formula sampai menemukan yang cocok. Mungkin juga bayi menginginkan situasi minum seperti saat diberi ASI (adanya kontak kulit/fisik, dan lain-lain). Selagi bisa memberikan ASI semaksimal mungkin untuk bayi, karena kandungan ASI adalah yang terbaik.

Dr. Arti Kusumawati, Sp.A
RSIA Hermina Tangerang

 



Artikel Rekomendasi