Bersalin Di Rumah Sakit Umum (RSU)

 

Di RSU tersedia layanan dokter dan tenaga medis dengan berbagai keahlian. Dengan fasitas dan peralatan untuk berbagai masalah kesehatan.

Kelebihan:
  • Memperoleh layanan dokter dan tenaga medis hampir semua keahlian. Fasilitas dan peralatan untuk berbagai masalah kesehatan tersedia, sehingga Anda dengan kehamilan berisiko tinggi (hamil di atas usia 35 tahun, hamil kembar, pre-eklampsia, diabetes gestasional, kemungkinan lahir prematur, janin sungang) dapat ditangani secara komprehensif di tempat yang sama dengan tempat Anda bersalin. Komplikasi paska persalinan pada ibu maupun bayi dapat ditangani segera.
  • Memilih yang ada di setiap wilayah Indonesia, dari tingkat kecamatan, desa, kabupaten sampai ibokota propinsi.
  • Memilih RSU dengan kualitas layanan yang bersaing dan beragam. Ada RSU yang dikelola pemerintah (seperti RSU Pusat Nasional dan RSU Daerah), sampai RSU yang dikelola badan swasta, baik lokal maupun internasional.
Pastikan:
  • RSU tidak hanya menangani tindakan seputar kehamilan dan persalinan, jadi Bunda harus memastikan tempat bersalin ini juga menyediakan fasilitas rooming-in dan Inisiasi Menyusui Dini (IMD).
  • Kelengkapan fasilitas dan dokter serta tenaga medis RSU di setiap wilayah tidak sama. Sebaiknya Bunda memastikan RSU pilihan dapat memenuhi kebutuhan Anda sesuai kondisi kehamilan dan bayi. Jika Anda tinggal di tempat terpencil, dan konsisi kehamilan Anda berisiko, pastikan RSU memiliki ICU/NICU dan dokter spesialis yang memadai. Atau, pastikan ada RSU rujukan yang dapat menangani kondisi darurat.
  • Anda dan anggota keluarga akan bertemu dengan pasien dengan penyakit atau masalah kesehatan lain di RSU. Lupakan jika Bunda “bercita-cita” melahirkan dengan suasan “eksklusif,” hanya dikelilingi ibu hamil dan keluarga yang bahagia saat menenguk ibu dan bayi yang baru lahir. 
Baca juga:



 



 



Artikel Rekomendasi