Cara Benar Gosok Gigi Balita

 

Caption

Menggosok gigi - memasukkan sikat gigi ke dalam mulut - bukanlah aktivitas yang menyenangkan untuk anak. Itu sebabnya sejak gigi bayi tumbuh, bunda sudah harus membiasakannya membersihkan gigi, sesimpel menggunakan kain kasa dan air hangat. Kemudian, meningkat menggunakan sikat gigi dari bahan silicon yang lembut. 

Pada dasarnya mulut bayi masih mengeluarkan banyak air liur sehingga gigi bayi selalu tampak berkilau. Tapi membiasakannya membersihkan gigi akan memberinya kebiasaan sehingga ia tidak merasa asing dengan kegiatan menggosok gigi. 

- Jangan gunakan pasta gigi sampai anak berusia 2 tahun. Di usia ini anak belum dapat meludah dan berkumur, sehingga dia akan menelan pasta gigi. Gunakan pasta gigi yang diformulasikan untuk anak. Bila anak sudah berusia 2 tahun, kenalkan dia dengan pasta gigi. Oleskan sebesar sebutir beras pada sikat giginya, lalu ajarkan cara menyikat gigi yang benar.  

Memilih pasta gigi untuk anak, klik di sini.

- Gunakan air matang untuk berkumur  sehingga akan lebih aman  tidak sengaja tertelan.

- Menyikat dari gigi depan, dari bagian  merah (gusi)  ke putih (gigi). Gosok gigi searah dan tidak bolak-balik. Untuk gigi bagian dalam atau gigi geraham sikat dari dalam ke arah luar, satu arah, hingga bersih.

- 8 kali gosokan minimal  pada masing-masing bagian gigi, baik gigi depan maupun belakang agar semua sisa makanan terbuang. Ajak si kecil untuk ikut berhitung sehingga kegiatan ini lebih menyenangkan.

- Bersihkan lidah dengan sikat gigi secara perlahan setelah selesai menyikat seluruh gigi. Minta anak menjulurkan lidahnya.

- Berkumur dengan benar, yaitu menahan air di dalam mulut, kemudian menggerakkan mulut agar sisa pasta gigi dan kotoran di mulut terbawa air. Minta si kecil meludahkan air kumurnya. Bila si kecil belum paham, gunakan istilah “sembur” atau 'tiup' karena pada dasarnya kemampuan menyembur sudah dimiliki anak sejak berumur 8 bulan.  

- Gunakan sikat gigi anak sesuai usia yang tercantum pada kemasan sikat gigi.   Rongga mulut  anak masih sangat kecil sehingga jika menggunakan sikat gigi khusus anak seluruh bagian gigi anak bisa terjangkau dengan baik. (me)


Direvisi 4/02/22

Baca juga:
Mengajak Balita Belajar Gosok Gigi
Agar Balita Semangat Gosok Gigi
Memilih dan Merawat Sikat Gigi

 

 



Artikel Rekomendasi