Didiagnosa Jantung Bocor, Harus Bagaimana?

 

T: Saat diperiksa ketika terkena DB, anak saya (4 tahun) didiagnosa menderita penyakit jantung bocor. Langkah apa yang harus saya ambil, Dok?

J: Penyakit jantung ‘bocor’ adalah istilah yang awam. Mungkin yang dimaksud adalah sekat jantung yang bocor sehingga ada percampuran darah antara ruang-ruang jantung yang pada kondisi normal tidak terjadi. Jika terdapat kebocoran sekat antara serambi kanan dengan kiri disebut defek septum atrium, sedangkan jika terdapat kebocoran sekat antara bilik kanan dan kiri disebut defek septum ventrikel. Pada beberapa kondisi defek yang kecil dan lokasi yang menguntungkan, baik defek septum atrium maupun defek septum ventrikel dapat menutup sendiri dengan berlalunya waktu. Sedangkan jika defek relatif besar dan mengganggu kinerja jantung, mungkin perlu tindakan operasi atau penutupan dengan alat tanpa operasi (tindakan intervensi). Hingga saat ini tidak ada satupun obat, baik  obat medis maupun herbal, yang dapat mengurangi apalagi menyembuhkan. Jika dokter memberi obat, maka tujuannya untuk mengurangi beban kerja jantung saja.

DR. dr. Najib Advani, Sp.A(K), MMed.(Paed)

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more