Hadapi “Kejutan Kecil” Paska Persalinan

 

Munculnya strech marks, mudah berkeringat dan vagina kering akan menjadi “kejutan kecil” bagi Anda setelah persalinan.

Strech marks. Tanda garis serupa kulit jeruk ini muncul akibat terkoyaknya jaringan di dalam kulit yang kurang elastis, selama tubuh Anda membesar. Strech marks menurun secara generatif. Jadi, jika ibu Anda memilikinya besar kemungkinan Anda akan mengalami hal serupa. Seiring waktu, warna strech marks memudar. Mengoleskan krim khusus selagi hamil dan setelah bersalin bisa emmbantu mengurangi munculnya strech marks.

Berkeringat. Tubuh Anda kini tak lagi memerlukan cairan tambahan seperti ketika hamil dulu. Karenanya, tubuh pun melakukan mekanisme pelepasan cairan ekstra dengan berkeringat, terutama ketika Anda menyusui. Menandai pelepasan cairan, dalam waktu beberapa hari wajah Anda akan tampak lebih tirus. Kaki dan tangan pun tak lagi terlihat menggembung. Dan siapa tahu, sepatu Anda yang dulu sesak, kini bisa Anda gunakan lagi.

Vagina kering. Penyebabnya perubahan hormon yangterjadi ketika Anda menyusui. Enam minggu setelah melahirkan adalah rentang waktu yang dianjurkan sebelum Anda dapat melakukan hubungan intin dengan pasangan. Meski begitu, ad apula waktu lebih lama atau lebih cepat hingga dirinya betul-betul siap secara fisik dan emosional. Jika perlu, gunakan cairan pelumas vagina.

Pulih Kembali Setelah Melahirkan

 



Artikel Rekomendasi

post4

Obat Pereda Sakit Saat Melahirkan

Jujur saja, melahirkan memang sakit, karena ada aktivitas besar tubuh untuk mengeluarkan bayi. Tapi ada gas etonox, epidural, ILA, untuk kurangi rasa sakitnya. Silakan dipilih!... read more