Hormon Penting Untuk Wanita

 

Follicle Stimulating Hormone (FHS), Lutenizing Hormone (LH) dan estradiol, adalah  hormon kesuburan yang penting untuk menunjang kesuburan wanita. Ketiga hormon tersebut bisa diketahui melalui pemeriksaan darah.
  • Stimulating Hormone (FSH) merupakan hormon glikoprotein yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisa dan berperan dalam proses pematangan sel telur di dalam indung telur. Normalnya, kadar FSH pada wanita dewasa yang sedang haid adalah 1,2-12 mIU/ml.
  • Lutenizing Hormone (LH) merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar hipofisa dan berfungsi merangsang pematangan sel telur dan mengatur proses pelepasan sel telur dan indung telur (ovulasi). Normalnya, kadar LH pada wanita dewasa adalah antara 6-30 U/liter.
  • Estradiol merupakan hormon yang diproduksi oleh indung telur. Pemeriksaan terhadap kadar hormon ini dapat digunakan untuk mengetahui fungsi indung telur (ovarium). Normalnya, kadar estradiol pada wanita dewasa adalah 25-75 pg/ml selama 5 hari pertama dari siklus haid. (ME)
Baca juga:
Jenis Pemeriksaan Kesuburan Wanita
Berteman Dengan Hormon Kehamilan
Hormon Pelindung Janin

 



Artikel Rekomendasi

post4

Calon Ayah Harus Periksa Apa?

Idealnya, setiap calon ayah memeriksakan diri sebelum berencana punya anak. Tentu saja pemeriksaan fisik dan laboratorium penting agar kehamilan sehat tercapai.... read more

post4

5 Tips di Masa Prakonsepsi

Jika Anda sedang berusaha memiliki bayi, apa saja yang harus dilakukan agar kondisi Anda tetap prima saat hamil nantinya? Simak 5 tips berkut:... read more