Ibu dan Bayi di Minggu ke-5

 

Bayi Anda sudah mulai dapat diajak bermain! Coba lakukan pijat dan senam bayi bersama.  

Ibu: Meski Anda sudah mulai terbiasa dengan kegiatan mengurus dan merawat bayi, tapi  Anda masih dilanda rasa lelah luar biasa. Bukan hanya akibat kurang tidur. Meski pasangan Anda sudah membantu dan menemani Anda bangun tengah malam, tapi tubuh Anda memang belum pulih seluruhnya. Beberapa ibu baru kadangkala masih dilanda rasa sedih, cemas, mudah menangis, dan merasa tidak ada yang membantu mengurus bayi. Cobalah alihkan perasaan ini dengan kegiatan bermain dengan bayi, misalnya mengajaknya senam bayi.

Bayi
  • Bayi mulai dapat menggunakan pita suaranya untuk menciptakan suara-suara, selain untuk menghasilkan suara tangisan. Cobal cermati dan temukan suara-suara seperti “Aaahhh” dan balaslah sapaan bayi. Dia juga mulai  sadar kalau suaranya dapat digunakan untuk memanggil Anda!
  • Bayi Anda mulai dapat mengendalikan tubuhnya, sehingga kini Anda dapat mulai mengajaknya senam bayi. Misalnya, menggendongnya dengan posisi telungkup dan biarkan dia merasakan sensasi “terbang,” atau berilah dia kesempatan untuk berlatih posisi duduk sambil menguatkan lehernya.
  • Pada minggu ini,  beberapa bayi  timbul semacam lapisan di kulit kepalanya yang  tampak seperti ketombe. Itu adalah kerak topi. Untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambutnya, bersihkan kerak kepala tersebut dengan virgin oil semacam Virgin Coconut Oil atau minyak zaitun dan sisirlah rambutnya untuk mengangkat lapisan tersebut. Jangan keramas setiap hari karena akan menghilangkan lapisan yang dihasilkan kelenjar di sekitar rambut yang membuat kulit semakin kering. Cucilah rambut bayi Anda setiap 2-3 hari. (me)
Baca juga:
Ibu dan Bayi di 6 Minggu Pertama

 



Artikel Rekomendasi