Keluarnya Cairan Lokia di Masa Nifas

Betapa bahagianya Anda setelah melahirkan bayi yang lucu. Selanjutnya, tubuh Anda akan melalui masa pembersihan diri yang kerap disebut masa nifas. Pada 10 hari pertama, akan keluar darah dari vagina yang disebut lokia.

Pasca kelahiran, tubuh Anda akan memulai tugas baru. Diantaranya proses pembersihan diri atau yang kerap disebut masa nifas yang berlangsung sekitar 40 hari. Selama 10 hari pertama, darah akan keluar melalui vagina yang disebut dengan lokia. Secara bertahap, cairan lokia akan mengalami 4 tahapan perubahan baik warna, bau dan kekentalannya, yakni:
  • Merah segar (lokia lubra), yang keluar hingga hari ketiga ini terbentuk dari darah segar, jaringan sisa-sisa plasenta, sel-sel dinding rahim, sel lemak janin, rambut janin (lanugo), dan kotoran janin saat di dalam rahim (mekonium). Berpotensi mengandung banyak kuman penyakit.
  • Merah dan berlendir (lokia sanguinolenta). Perubahan antara penampilan lokia lubra ke lokia sanguinolenta biasanya berlangsung sekitar 1-2 minggu
  • Kuning kecoklatan lalu merah muda (lokia serosa). Cairan ini berisi serpihan jaringan, sel-sel darah merah dan darah putih, serta sisa lendir mulut rahim. Mulai keluar pada 2 minggu hingga 1 bulan setelah melahirkan. 
  • Kekuningan lalu bening (lokia alba). Berisi sedikit sel darah merah dan sebagian besar terdiri dari sel darah putih, serpihan jaringan pelapis dinding rahim, kolesterol, lemak dan lendir. Lamanya keluar sekitar 2 minggu. Yakni dari minggu ke 4 sampai minggu ke 6. Bila cairan lokia sudah berwarna bening, tandanya masa nifas Anda berlangsung normal.
Keluarnya lokia ini memang harus dilewati Anda pasca kelahiran. Namun, ada yang perlu diwaspadai jika ada kelainan pada lokia, diantaranya:
  • Cairan lokia masih berwarna merah segar, padahal persalinan sudah lewat 4 hari
  • Cairan lokia berbau tak sedap dan Anda mengalami demam atau menggigil kedinginan
  • Sakit atau nyeri pada luka bekas jahitan di perineum (daerah antara vagina dan anus). 
  • Pendarahan tak normal yang membuat Anda harus mengganti pembalut setiap jam 
  • Cairan lokia disertai gumpalan darah beku yang berukuran lebih besar dari bola golf
  • Ada benda-benda yang tersisa di dalam rahim. Semisal bagian dari plasenta atau selaput ketuban yang selanjutnya membungkus sisa darah yang membeku. Bekuan darah ini akan menjadi benda asing di dalam rahim, sehingga menyebabkan kontraksi rahim menjadi lemah. Keadaan ini menghambat proses pengerutan rahim ke bentuk dan ukuran semula. 
  • Cairan lokia masih keluar setelah masa 42 hari pasca persalinan
Jika ada kelainan pada cairan lokia tersebut Anda alami, sebaiknya Anda segera konsultasi ke dokter. 
 



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda