Mudah Membuat Bekal Sekolah

Mudah Membuat Bekal Sekolah  Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Ini langkah-langkah  menyiapkan bekal sekolah  berkualitas yang menghemat waktu.

Syarat bahan makanan. Bekal sebaiknya disiapkan malam sebelumnya untuk mengurangi kerepotan di pagi hari, di mana Anda harus membagi perhatian dan memastikan anak memakai baju, sepatu, kaos kaki dan benda-benda yang akan dibawa ke sekolah secara benar.
  • Kondisi bahan makanan baik, tidak rusak atau kadaluarsa. Perhatikan dengan baik kondisi bahan makanan yang akan digunakan, tidak rusak, tidak berjamur dan tidak berbau busuk.
  • Hindari kontaminasi silang dari bahan makanan yang masih mentah dengan makanan yang sudah matang atau setengah matang. Pisahkan saat menyimpan agar tidak ada perpindahan bakteri dari bahan makanan mentah ke makanan matang.
  • Simpan sesuai tempatnya. Simpan bahan makanan sesuai jenisnya, apakah di lemari es atau cukup dalam suhu ruangan  di dalam lemari makan.
  • Masak setengah matang atau hanya potong-potong saja bahan makanan yang disiapkan pada malam sebelumnya. Tidak menutup kemungkinan juga untuk memasak makanan bekal pada malam hari hingga matang.
Cara menyiapkan:
  • Masak bahan-bahan makanan pada malam sebelumnya, bisa hingga matang atau hanya setengah matang. Misalnya,  ayam goreng bumbu kuning, Anda bisa ungkep ayam pada malam hari dan menggorengnya di pagi hari.
  • Cairkan atau thawing bahan makanan beku yang sudah dimasak pada malam hari,  sebelum dipanaskan atau dimatangkan.
  • Panaskan makanan yang sudah matang,  baik menggunakan microwave atau kompor. Jika bahan makanan yang disimpan hanya setengah matang, maka matangkan pada pagi harinya. Hal ini akan  menghemat waktu.
  • Cuci bersih bahan makanan mentah,  sebelum dimasukkan dalam kotak makan anak. Lalu susun bekal  dalam kotak makannya.
  • Usahakan anak  hanya membawa satu kotak makanan saja, agar ia tidak kerepotan.
Buat daftar menu. Daftar menu sangat berguna agar Anda tidak bingung saat memilih makanan untuk bekal,  anak tidak bosan dengan bekal yang itu-itu saja dan makanan yang dikonsumsi anak pun beragam. Daftar menu ini kemudian dibuat putaran menu mingguan, 10-harian atau bulanan.
    
Bekal cantik. Menyiapkan bekal pada malam hari,  bisa sekaligus menyiapkan hiasan untuk mempercantik bekal sekolah. Bekal yang menarik akan membuat anak senang menyantapnya. Hiasan bisa terbuat dari nori (rumput laut jepang), tomat, keju atau sawi. Potong dan bentuk hiasan saat menyiapkan bekal pada malam sebelumnya sehingga pagi harinya Anda tinggal menyusunnya. Agar lebih awet, simpan hiasan dengan merendamnya dalam air di lemari es. Jika hiasan berasal dari keju lembaran, sebelum disimpan dalam lemari es, bungkus keju yang sudah dibentuk menjadi hiasan dalam plastik tertutup untuk mengurangi penguapan keju, sehingga pagi harinya tidak kering. (me)

Contoh menu bekal sekolah:






Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  5 Tanda Autistik   88204   
>  Olahraga Terbaik Ibu Hamil   36000   
>  Dana Pribadi Ibu Bekerja   29525   
>  Mengasuh Anak Autis   21253