Penyebab Batuk Pilek Berkepanjangan

 

T: Apa penyebab batuk dan pilek yang berkepanjangan –baru selang 1 minggu anak saya ke DSA dan minggu depannya ke DSA lagi-? Apakah pergantian susu formula menjadi salah satu penyebabnya?

J: Batuk pilek dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti infeksi atau alergi. Infeksi saluran napas berulang dalam waktu berdekatan dapat terjadi karena saling tertular di antara anggota keluarga/teman. Alergi yang menyebabkan batuk pilek biasanya disebabkan oleh alergi faktor lingkungan, seperti tungau debu rumah atau bulu binatang. Manifestasi klinis alergi makanan terutama susu sapi paling banyak adalah keluhan di kulit, seperti dermatitis atopik/eksim, urtikaria/biduran/kaligata, atau saluran cerna (diare, muntah). Sering terjadi pada anak di bawah 3 tahun, dengan usia pertama kali timbul gejala saat usia di bawah 1 tahun. Sebagian kecil anak dengan alergi susu sapi bisa juga mencetuskan batuk pilek. Faktor lain yang perlu dilihat adalah masalah polutan, seperti asap rokok. Untuk itu batuk pilek si kecil yang berulang perlu dievaluasi lebih lanjut.

Dr. Dina Muktiarti, Sp.A(K)

Baca Juga:
Meredakan Batuk Pada Balita
Merawat Anak Batuk
Batuk Alergi Pada Balita



 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more