Waspada Serangan Batuk & Pilek

 

Senangnya melihat anak-anak yang gembira bermain dan beraktivitas bersama sebayanya. Tapi orangtua mana yang rela melihat senyum dan kegembiraannya  menghilang saat tubuhnya diserang batuk dan pilek? Waspadai serangan batuk dan pilek pada si Kecil, terutama saat memasuki masa pergantian musim.

Gangguan Penyakit Musiman
Penyakit musiman adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus yang menyerang saat daya tahan tubuh kurang baik, salah satunya karena pengaruh cuaca dan kondisi lingkungan. Penyakit musiman yang sering diderita anak-anak di antaranya adalah demam, batuk, pilek, dan radang tenggorokan.
Bila sakit, anak-anak cenderung rewel, lesu, lemas, dan enggan beraktivitas. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Karenanya, kesehatan si Kecil perlu selalu Anda jaga, terutama karena kekebalan tubuhnya belum terbentuk sempurna sehingga ia lebih mudah terserang bakteri dan virus.

Jangan Anggap Enteng Batuk dan Pilek
Gejala-gejala awal yang menandai batuk dan pilek anak antara lain:
  • Bersin-bersin.
  • Hidung tersumbat.
  • Sakit saat menelan.
  • Pusing, badan pegal, dan telinga sakit.
  • Mual dan muntah.
Walau anak-anak cukup sering terkena batuk-pilek (bisa mencapai 2-3 bulan sekali), tapi tak berarti Anda abaikan dengan harapan akan sembuh dengan sendirinya. Jika tidak ditangani dengan benar, maka bisa muncul komplikasi penyakit yang lebih parah, seperti radang paru-paru dan pneumonia.
Bila gejala-gejala batuk dan pilek mulai terlihat, pastikan si Kecil cukup istirahat dan perbanyak konsumsi cairan (air putih, jus buah, sup) untuk mencegah dehidrasi. Untuk membantu meringankan gejala-gejala batuk dan pilek, Anda bisa memberikan si Kecil obat batuk dan pilek bebas yang tersedia di apotek dan toko obat.

Memilih Obat Batuk dan Pilek untuk Si Kecil
Begitu banyak obat batuk dan pilek anak yang tersedia di pasaran, Anda harus cermat memilih obat yang aman dan tepat. Perhatikan hal-hal berikut ini:
  • Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak sebelum memberikan obat, terutama anak-anak di bawah usia 2 tahun.
  • Pilih obat batuk dan pilek yang sesuai dengan gejala yang dialami si Kecil agar ia mendapat pengobatan yang tepat.
  • Jangan berikan obat batuk dan pilek orang dewasa kepada anak.
  • Selalu baca label dan petunjuk penggunaan obat dengan seksama. Berikan dosis sesuai anjuran di label atau sesuai petunjuk dokter.
  • Berikan obat menggunakan pipet/dropper, sendok takar, atau cup takar yang tersedia dalam kemasan obat sebagai alat pengukur yang tepat.
  • Pilih yang memiliki rasa yang enak agar tak sulit memberikannya kepada si Kecil, seperti rasa buah-buahan supaya pemberian obatnya lebih mudah.

Obat Batuk dan Pilek yang Aman dan Terpercaya
Triaminic® telah dipercaya oleh Ibu Indonesia sebagai obat batuk dan pilek yang formulanya dibuat khusus untuk anak-anak. Triaminic® tersedia dalam 4 varian dengan formula berbeda untuk berbagai indikasi batuk dan pilek, sehingga dapat mengurangi efek samping dari zat aktif yang tidak dibutuhkan tubuh:
  • Triaminic® Ekspektoran dan Pilek Syrup: Meringankan batuk berdahak dan pilek.
  • Triaminic® Batuk & Pilek Syrup: Meringankan batuk tidak berdahak dan pilek.
  • Triaminic® Pilek Syrup: Meringankan bersin-bersin dan hidung tersumbat karena pilek.
  • Neo Triaminic® Oral Drops: Meringankan bersin-bersin dan hidung tersumbat karena pilek, untuk anak usia 0-2 tahun.
Setiap varian Triaminic® memiliki rasa buah yang disukai anak. Formulanya juga tidak mengandung alkohol dan tidak membuat kantuk (kecuali Triaminic® Pilek Syrup) sehingga si Kecil tetap dapat beraktivitas seperti biasa. Triaminic®, Andalan Ibu Saat Si Kecil Batuk dan Pilek.
(WEBTORIAL)


 



Artikel Rekomendasi