5 Trik Agar Balita Suka Minum Jus

 

Konsumsi 5 buah dan sayur setiap hari, penting untuk kesehatan tubuh. Namun, terkadang yang menjadi masalah adalah semakin Anda mendorong balita untuk memakan buah dan sayur sesuai porsi yang benar, semakin gencar juga mereka menolaknya. Salah satu cara agar balita mengkonsumsi buah dan sayur lebih banyak adalah dengan membuatnya menjadi jus. Anda bisa mengkombinasinya sesuai selera. Yang perlu diingat adalah beberapa jus buah mengandung keasaman dan gula yang tinggi-tidak bagus mengkonsumsi juas buah berlebihan, terutama di usia dini, diantaranya dapat merusak gigi.

Simak 5 trik agar balita suka minum jus berikut ini dan Anda pun bisa mencobanya:
  1. Gelas jus. Agar balita tertarik minum jus, gunakan cangkir khusus kesukaannya. Pilihkan bentuk cangkir yang lucu berbentuk atau bergambar tokoh-tokoh favoritnya. Atau ajak dia membeli dan memilih sendiri gelas jusnya.
  2. Beri contoh. Berikan contoh yang sesuai dengan Anda juga rajin minum jus. Tunjukkan padanya bagaimana Anda menikmati kesegaran segelas jus. Anda bisa mengajaknya untuk menikmati waktu dengan minum jus bersama.
  3. Kreatif. Ada banyak cara untuk bisa mendorong balita menikmati jusnya. Anda bisa membuatnya menjadi es loli kesukannya. Dan sesekali ajaklah balita membuat es loli dari buah. Kesenangannya saat membuat es loli, akan memotivasinya untuk menikmati es loli buatannya.
  4. Berikan pilihan. Berikan balita kesempatan untuk menentukan pilihan buah mana yag menjadi favoritnya untuk dibuat jus. Anda bisa lakukan uji rasa untuk memutuskan jus favoritnya dengan mencicipi tiga atau empat jenis jus, seperti jus apel, jeruk, nanas dan alpukat. Minta balita mencari tahu rasa yang paling disukainya. Atau Anda juga bisa memintanya menebak jus apa yang mereka cicipi, seperti sebuah permainan.
  5. Libatkan teman-teman balita. Saat teman-teman balita berkunjung ke rumah, gunakan kesempatan tersebut untuk menyajikan jus dan meminumnya bersama-sama. Dengan ini, balita akan melihat bahwa minum jus adalah sesuatu hal yang menyenangkan.

 



Artikel Rekomendasi