5 Kiat Pilih Kado Ulang Tahun

5 Kiat Pilih Kado Ulang Tahun Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda

Sebentar lagi si kecil berulang tahun. Apa kado mainan paling cocok untuknya? Tak perlu bingung, ketahui dulu kiat-kiatnya.

Bagi anak, kado menjadi bagian paling istimewa dari hari ulang tahunnya. Mainan, biasanya, merupakan hadiah yang disukanya. Ya… wajar saja! Si balita kini dalam tahapan bermain.

Mainan apa yang pas dan sesuai untuk anak Anda? Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli mainan untuk kado si kecil.

Sesuai usia anak. Boneka memang bisa dikategorikan mainan yang cocok untuk anak segala usia. Namun Anda perlu memilih jenis boneka yang akan Anda berikan.

  • Untuk si 1 tahun. Anda bisa memilih boneka yang tidak terlalu besar, namun juga tidak terlalu kecil. Mainan lain seperti balok-balok atau mainan karet juga bermanfaat bagi si satu tahun yang tengah asyik mengeksplorasi dunia sekitar dengan kedua tangannya.
  • Untuk si 2 tahun. Anak usia ini sedang mengembangkan kemampuan motorik dan koordinasi otot besarnya. Anda dapat memilih hadiah berupa mainan yang dapat ditarik dan didorong.
  • Untuk si  3 – 5 tahun. Anda dapat memilih aneka mainan yang lebih bervariasi. Misalnya, mobil-mobilan, masak-masakan, atau sepeda.

Merangsang perkembangan kognitif.

  • Untuk si 3 – 5 tahun. Anda dapat memilih puzzle yang sesuai dengan usia anak. Di pasaran tersedia puzzle dari yang berbentuk sederhana hingga yang lebih bervariasi.
  • Untuk usia 4 – 5 tahun. Mainan seperti play station sesuai untuk mereka. Tapi hati-hati! Meski mainan ini dapat membantu menstimulasi daya ingat anak yang sedang berkembang, Anda harus mencermati games untuk play station, mengandung unsur kekerasan atau tidak.

Pastikan keamanan mainan.

  • Bila si kecil berusia di bawah tiga tahun, jangan belikan ia mainan berukuran kecil. Atau, bila Anda membelikan mainan cukup besar, jangan sampai bagian dari mainan itu bisa dengan mudah dilepas menjadi bentuk kecil-kecil. Karena bisa tertelan si kecil.
  • Periksa pula permukaan mainan. Hindari permukaan yang kasar atau berujung tajam, karena bisa melukai anak. Bila mainan berwarna-warni, pastikan cat yang digunakan cukup aman. Anda bisa membaca keterangan pada label mainan.

Kreasi sendiri. Hadiah untuk si kecil tak selalu harus mahal. Anda dapat mencari dan memilih kado yang sesuai untuk anak namun tak membobol kocek Anda. Buat sendiri mainan untuknya. Misalnya, boneka binatang dari potongan-potongan kain berbagai tekstur. Atau mainan ular-ularan dari karton bekas gulungan tisu toilet yang dihias berbagai warna.

Kemas secara menarik. Setelah Anda mendapatkan mainan yang sesuai untuk si kecil, bungkuslah benda itu menggunakan kertas pembungkus dengan warna dan gambar menarik. Bagi anak, membuka kado merupakan pengalaman seru yang dinanti. Ia tentu berharap-harap cemas, ”Apa sih isinya…? Surprise !”




Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  5 Tanda Autistik   88048   
>  Olahraga Terbaik Ibu Hamil   35863   
>  Dana Pribadi Ibu Bekerja   29422   
>  Mengasuh Anak Autis   21204