Segera Obati Luka Balita Anda

 

Balita Anda yang sedang asyik bermain, tiba-tiba terjatuh dan lututnya terluka. Walau tidak besar, luka itu harus diobati. Jika tidak, bisa menimbulkan infeksi yang membahayakan. Ada beberapa jenis luka yang kerap terjadi, diantaranya:
  • Tergores. Benda tajam seperti pisau, pecahan kaca atau ujung paku bisa menggores balita Anda. Jika lukanya tidak dalam, segera cuci dengan air bersih dan diselingi sabun. Sesudahnya segera bubuhi antiseptik dan tutup lukanya dengan plaster. Jika mengeluarkan darah, tekan terlebih dahulu beberapa saat lukanya untuk menghentikan keluarnya darah.
  • Kepala benjol. Saat asyik bermain, tak jarang balita Anda terantuk meja atau tembok dan benjol. Benjol ini sebenarnya pendarahan di bawah kulit kepala. Langsung kompres bagian yang benjol dengan es batu yang dibungkus handuk sekitar 10 menit. Benjolan butuh beberapa hari untuk hilang
  • Memar. Selain kepala, bagian tubuh lain seperti tangan atau kaki balita Anda bisa memar jika terbentur. Warna kebiruan yang timbul juga karena pendarahan di dalam kulit. Anda bisa mengompresnya dengan es batu selang 15 menit selama 24 jam
  • Lecet. Biasanya lutut atau siku balita Andal yang paling sering lecet karena terpeleset. Biasanya hanya sedikit darah yang keluar. Segera cuci lukanya dengan air bersih yang mengalir dan oleskan cairan antiseptik. Tutup dengan plaster jika perlu.
  • Mimisan. Keluarnya darah dari hidung ini karena salaput lendir anak masih belum kuat dan mudah pecah. Masukkan kapas ke dalam lubang hidung untuk menghentikan pendarahan.
  • Jangan biarkan anak tidur terlentang karena darah bisa mengalir dan menyumbat pernafasan. Pendarahan bisa dihentikan pula dengan mengkompres hidung dengan air es.
  • Melepuh kena air panas. Segera bilas kulit dengan mengalirkan air dingin setidaknya 5 menit. Selanjutnya dinginkan dengan mengkompres menggunakan kain bersih. Beri obat antiseptik pada bagian yang melepuh. Luka melepuh tersebut tidak perlu ditutup karena bisa memicu infeksi. Anda bisa memberi obat parasetamol atau ibuprofen jika si kecil merasa kesakitan.  
  • Tertusuk. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari paku, peniti, duri atau benda kecil yang tajam lainnya. Biasanya yang terkena adalah telapak kaki dan dan dari luka kecil yang ditimbulkan keluar sedikit darah. 

Cuci segera lukanya dangan air bersih dan olesi dengan antiseptik. Tutup luka kecil tersebut dengan plaster. Jika tertusuk paku, sebaiknya segera dibawa ke dokter karena ada kemungkinan pakunya berkarat sehingga berisiko terkena tetanus. 


 

 



Artikel Rekomendasi