Makanan yang Boleh Dibekukan

 

Makanan berikut bisa dibekukan dalam bentuk pure-bahkan beberapa di antaranya bisa juga dibekukan dalam bentuk potongan.
  • Beras, jagung dan ubi jalar.
  • Daging sapi, ayam. Bila ingin membekukannya dalma bentuk segar, cuci, potong-potong atau buang tulangnya, lalu masukkan dalam kantong plastic atau wadah bertutup dalam jumlah sekali masak. Keluarkan udara sebanyak mungkin adri adlam kantong plastic dan buat simpul sedekat mungkin denan permukaan daging.
  • Ikan. Bila ingin membekukannya dalam bentuk segar, cuci dan potong-potong sejumlah yang Anda butuhkan, lalu bungkus dengan kertas roti, aluminium foil atau lembaran plastic sebanyak dua lapis, rekatkan rapat, dan segera bekukan. Ikan bisa tahan selama 1-3 bulan.
  • Kaldu. Masukkan kaldu ke dalam cetakan es batu, lalu bekukan. Atau Anda dapat menyimpan dan membekukannya dalam kantong plastic sesuai kebutuhan untuk sekali masak, kemudian ikat dengan simpul agak jauh dari permukaan cairan (kurang lebih 1-2 cm di atas permukaan cairan).
  • Avokad. Bila perlu bisa dibekukan dalam bentuk pure, namun mungkin akan mengalami proses pencokelatan. Lebih baik bila dibekukan dalma bentuk potongan-potongan dan diberi air jeruk nipis atau lemon untuk memperkecil risiko terjadinya proses pencokelatan.
  • Brokoli, kol kembang, wortel buncs, dan kacang kapri. Bisa dibekukan dalam bentuk pure, namun lebih baik bila dalam bentuk belum dihaluskan.(me)
Baca juga:
Membekukan Pure
Bahan Makanan Ini Jangan Dibekukan

 



Artikel Rekomendasi