Tip Manajemen Bahan Makanan

Tip Manajemen Bahan Makanan  Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Ada serangkaian proses yang harus diperhatikan dalam memahami esensi manajemen makanan. Yaitu, belanja, menyimpan, menyusun menu, dan memasak.  
  • Belanja. Cara termudah membuat daftar belanja, adalah menyalin item belanja dari salah satu kegiatan belanja Anda. Pilih item paling penting dan termasuk kebutuhan utama. Lalu fotokopi dengan membiarkan beberapa baris kosong untuk Anda isi sesuai kebutuhan. Daftar ini juga bisa Anda lekatkan pada pintu lemari dapur, sebagai checklist, yang bisa Anda tandai saat bahan hampir habis.
    Belanjalah sesuai dengan susunan menu yang Anda buat. Usahakan agar merancang menu terlebih dahulu sebelum berbelanja. Meskipun demikian, Anda tetap bisa melakukan variasi dan improvisasi, apabila bahan untuk membuat masakan sesuai menu tidak tersedia di pasaran.  Apabila Anda menganut sistem belanja bulanan, usahakan agar bahan tertentu dibeli mingguan, untuk sayuran dan buah-buahan  Anda tetap membeli secara harian atau maksimal, 2 - 3 kali seminggu.
  • Menyusun menu. Setelah memasak, beberapa jenis masakan yang bersisa (left over) bisa disimpan lagi sampai jangka waktu tertentu. Apabila Anda menganut sistem belanja bulanan, usahakan agar bahan tertentu dibeli mingguan, untuk sayuran dan buah-buahan  Anda tetap membeli secara harian atau maksimal, 2 - 3 kali seminggu.  Sebelum memasukkan ke dalam kulkas, sayuran yang terdiri dari dedaunan perlu Anda masukkan ke dalam plastik lembaran pembungkus, kertas roti atau kontainer agar terjaga kesegarannya. 
  • Penyimpanan makanan dan bahan makanan. Bahan makanan sebaiknya disimpan dengan cara yang tepat dan cermat. Dengan demikian, tak hanya mutu dan gizinya terjaga. Dapur Anda pun menjadi rapih dan mudah diatur. Selain itu, beberapa jenis masakan yang bersisa (left over) bisa disimpan lagi sampai jangka waktu tertentu.  Sebelum memasukkan ke dalam kulkas, sayuran yang terdiri dari dedaunan perlu Anda masukkan ke dalam plastik lembaran pembungkus, kertas roti atau kontainer agar terjaga kesegarannya. (me)

Baca juga: Tip Manajemen Cucian




Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

 
 border=
Tema Dongeng Favorit
Yang manakah dongeng favorit anak Anda?
Fabel (Binatang)
Luar angkasa
Kejadian sehari-hari
Kepahlawanan
Dongeng kerajaan (Pangeran/Putri)