3 Tip Favorit Untuk Para Orangtua

 

Dokter sahabat Oprah Winfrey, Dr.Oz memberi 3 tip favorit untuk para orangtua.

  1. “Mainkan” makanan untuk anak. Sering kali kita mneyuarakan perintah kepada anak, “Jangan makan sambil nonotn TV!,” “Makan sayur!,” jangan ini, jangan itu. Bila ingin anak makan dengan banar, perlu pesan postif kepada mereka. Tawarkan makan sehat yang seru, kreatif, penuh warna dan interaktif. Anak senang sekali “menemukan sesuatu,” bukan diperintah terus menerus, maka biarkan mereka mencari sayur dan buah berwarna favoritnya-hidangan yang membuat mereka tetap sehat.
  2. Jadi copy cat. Riset membuktikan, anak cepat sekali mendeteksi ketidakkonsistenan ayah dan ibunya. Kalau ayah di akhir pecan hanya duduk di depan TV pencet-pencet remote control, lalu memerintah anak untuk tidak bermalas-malassan, siapa yang mau menuruti? Anak akan meniru tingkah laku orangtuanya. Makan jangan hanya sibuk memberi perintah, tapi juga lakukan pad diri sendiri. Sering-seringlah beraktivitas luar ruang bersama anak. Pastikan seluruh keluarga mendapat vitamin D yang diperlukan-dengan berada di bawah sinar matahari pagi paling tidak selama 15 menit.
  3. Antar anak tidur pada waktu yang seharusnya. Matikan televisi, lakukan ritual sbeelum tidur- cuci tanan dan kaki, sikat gigi, paki baju tidur-segera tidur. Anak usia 3-12 tahun butuh 10-11 jam per hari. Anak yang waktu tidurnya tak cukup kelak akan menemui kesulitian akademik dan perilaku, termasuk hiperaktif suka menentang dan melawan.


 

 



Artikel Rekomendasi

post4

4 Tipe Ayah

Gaya anak tidak akan jauh dari tipe dan gaya pengasuhan ayahnya.Anda tipe ayah yang seperti apa?... read more