Bekal Ayah Kencan dengan Anak

 


1. ASIP adalah ‘bekal’ yang wajib disediakan oleh istri Anda sebelum pergi. Pasalnya, bayi usia kurang dari 6 bulan sebaiknya hanya diberikan ASI eksklusif. Hindari memberikan biskuit dan air putih pada bayi. Ketika bayi menangis, segera alihkan perhatiannya dengan mengajaknya bicara, bercanda, jalan-jalan, atau sesekali hubungi pasangan Anda via telepon/skype. Biarkan bayi mendengar suara atau melihat wajah ibunya. Bila jarak Anda dan istri dekat, tidak masalah bila Anda berinisiatif untuk menghampiri istri agar bayi Anda bisa menyusu.

2. Terpaksa mengajak anak ke kantor? Jangan lupa untuk meminta izin pada atasan, rekan kerja atau klien yang akan meeting dengan anak. Sebelum pergi, buat kesepakatan dengan anak tentang aturan di kantor Anda. Misalnya apa saja yang boleh dan tidak boleh ia lakukan. Jangan lupa untuk bawakan anak ‘bekal’ mainan dan camilan. Usai meeting, ajak anak makan siang bersama atau sekadar membeli camilan. 

3. Sebelum mengajak anak pergi, pastikan kondisi si kecil dalam keadaan cukup tidur dan perut kenyang. Kelak jika Anda mendapat tugas membeli pakaian anak, coba tanyakan pendapat anak. Ini bisa jadi solusi cepat belanja pakaian. 

4. Selalu bawa buku rapot kesehatan anak setiap pergi ke dokter atau bawa anak ke dokter yang 4. mengetahui rekam jejak kesehatan anak. Jika anak harus minum obat, buat kegiatan minum obat seperti sedang bermain. Misalnya main ‘helikopter’, sendok berisi obat berperan sebagai helikopter. Atau campurkan obat dengan makanan/minuman favoritnya. Tapi, tanyakan pada dokter terlebih dahulu, apakah obat tersebut boleh dicampur dalam makanan/minuman.
 
5. Istri minta tolong beli kado ultah untuk teman anak Anda? Jelaskan pada anak bahwa kegiatan ini adalah hanya untuk membeli kado temannya, sehingga ia tidak ikut-ikutan membeli mainan/barang yang diinginkan. Jika Anda tidak mau repot dengan pilihan anak, berikan anak tiga pilihan barang pada anak. Biarkan anak memilih satu dari tiga barang tersebut. Lalu ajak anak ke gerai bungkus kado, agar ia membawa kado dengan bungkus menari ke ulang tahun temannya. 

Baca Juga

 



Artikel Rekomendasi

post4

4 Tipe Ayah

Gaya anak tidak akan jauh dari tipe dan gaya pengasuhan ayahnya.Anda tipe ayah yang seperti apa?... read more