Hemat di Supermarket

 



Sebagai manajer keuangan keluarga, Bunda harus pintar mengelola keuangan. Salah satunya disiplin dan hemat dalam membelanjakan uang. Beberapa tip belanja hemat menurut Gary Foreman, pemilik situs The Dollar Stretcher ini sudahkah Bunda terapkan?

- Jangan jadi pemalas. Pihak supermarket menempatkan produk yang sangat ingin dijual di rak dengan ketinggian antara lutut dan punggung Anda. Kalau Anda malas memilih, tidak mau susah payah membungkuk atau menjinjit, hasilnya Anda akan mendapatkan harga produk yang lebih mahal, dibanding produk sejenis yang ditempatkan di rak paling bawah atau paling atas. Sejatinya, Anda dapat menghemat lebih dari 40% hanya dengan menunduk atau menjinjit.

- Perhatikan mood. Jika sedang lapar, maka Anda akan membeli lebih banyak makanan. Begitu juga saat Anda merasa lelah atau marah, karena Anda membutuhkan tenaga tambahan untuk membeli barang yang seharusnya tidak Anda perlukan. Kalau mood Anda sedang tak stabil, jangan pergi berbelanja dulu!

- Buat daftar belanja. Dengan menyusun daftar barang yang akan dibeli, Anda belajar disiplin dan patuh pada rencana balanja yang telah Anda susun sendiri. Percayalah, di tempat Anda belanja nanti akan banyak barang yang membuat Anda tertarik untuk membelinya. Fokus!

- Tawaran ‘Paling Murah.’ Cari barang dengan tawaran bertuliskan ‘paling murah’ atau ‘harga promosi’. Jika Anda menganggap harga murah kualitasnya tidak bagus, belum tentu! Terkadang harga murah karena barang tersebut adalah produk baru, produk yang dikeluarkan oleh supermarket itu sendiri atau produk tersebut masih dalam tahap promosi.


Baca juga:

 



Artikel Rekomendasi

post4

10 Cara Ajak Balita Cinta Bumi!

Kita semua perlu peduli dan mencintai lingkungan, termasuk si balita juga bisa! Apalagi anak-anak adalah generasi penerus yang akan hidup lebih panjang menikmati bumi yang indah. Apa yang bisa Anda aj... read more