Ingin Telur Awet? Inilah Tipsnya

 

Jika tak disimpan dengan baik, telur akan cepat menurun kualitasnya bahkan membusuk. Inilah tips menyimpan telur agar awet.
  • Bersihkan cangkang telur sebelum disimpan ke dalam kulkas, sebab tak jarang kotoran ayam masih menempel pada cangkang telur. Padahal, kotoran ayam mengandung bakteri Salmonella. Keracunan pengkonsumsian telur biasanya disebabkan kelalaian seperti ini. Itulah sebabnya, Anda harus membersihkan cangkang telur dengan kain basah hangat, lalu keringkan.
  • Tempatkan telur dalam wadah (tray) secara vertikal dengan bagian kantung udara (bagian yang lebih lonjong) menghadap ke atas. Atau, bisa juga Anda tempatkan telur langsung pada tempat penyimpanan telur yang tersedia pada bagian dalam pintu kulkas.
  • Sirnpan telur pada suhu normal kulkas, bukan dalam lemari suhu beku (freezer).
  • Telur rebus yang dikeluarkan dari cangkang, sebaiknya segera diolah. Jangan pula Anda biarkan telur terlalu lama pada suhu ruangan, yakni lebih dari 2 jam. Hal ini untuk meminimalkan "serangan" bakteri.
  • Agar lebih aman dan awet, telur rebus yang akan dijadikan makanan bekal anak sebaiknya dibubuhi garam atau cuka pada saat direbus. Atau, bisa juga telur tersebut diolah menjadi pindang

 



Artikel Rekomendasi

post4

10 Cara Ajak Balita Cinta Bumi!

Kita semua perlu peduli dan mencintai lingkungan, termasuk si balita juga bisa! Apalagi anak-anak adalah generasi penerus yang akan hidup lebih panjang menikmati bumi yang indah. Apa yang bisa Anda aj... read more