Jika Harus Kerja Di Akhir Pekan

 

Bagaimana supaya bonding dengan anak  tetap kuat walau Anda harus hadir atau mengatur sebuah acara yang berlansung nyaris setiap akhir minggu? Ini kiatnya:
  • Bila anak sudah bisa diajak berbicara, jelaskan secara sederhana padanya  bahwa sebagai ibu yang bekerja ada kalanya Anda harus bekerja pada hari Sabtu atau Minggu yang umumnya merupakan hari libur.  
  • Bila memungkinkan, misalnya ada suami atau pengasuh, Anda dapat membawa si kecil ke kantor atau tempat acara berlangsung. Anak akan melihat bahwa ibunya memang benar bekerja. Di jam istirahat, luangkan waktu bersamanya, misalnya mengajaknya bermain atau makan. Bila anak  tampak lelah, dia sebaiknya pulang lebih dulu daripada menunggui Anda bekerja sampai malam hari.
  • Sepulang bekerja, meskipun tubuh lelah, tetap luangkan waktu untuk anak. Misalnya,  Anda bisa membacakan cerita atau bermain boneka bersamanya.
  • Sesekali Anda dapat mengajukan cuti 1 -2 hari untuk menggantikan jam bekerja yang terpakai di akhir pekan. Manfaatkanlah waktu cuti tersebut  untuk berjalan-jalan ke luar kota atau menghabiskan waktu bersama anak seharian.  
Baca juga:
Tips Bekerja di Rumah
Ibu Bekerja Bermain dengan Balita

 



Artikel Rekomendasi