Melanjutkan Kemesraan

 



Berdasarkan fakta, 21% masalah yang membuat istri enggan melakukan hubungan intim pasca melahirkan adalah rasa sakit akibat adanya jahitan saat melahirkan. Sementara yang 40% karena  mendapat  pengguntingan jalan lahir.

Namun, para Ayah jangan berkecil hati. Selepas 6 minggu masa nifas, cobalah kembali untuk menghidupkan kehidupan intim Anda dengan melakukan tips berikut ini:

1. Lakukan seks kilat.
Jika dulu ada ‘upacara’ panjang sebelum berhubungan seks karena memang waktu dan tempat hanya milik Anda berdua. Kini,  cobalah menyalakan semangat untuk melakukan seks kilat yang hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Anda bisa melakukannya di pagi hari saat bangun tidur,  karena  malam hari Anda kurang konsentrasi, karena bayi masih sering terbangun.

2. Saling merayu.
Mendapatkan mood untuk bercinta bisa jadi sulit untuk orangtua baru yang perhatiannya terbagi kepada anak. Agar mood itu datang  Anda dan pasangan perlu melakukan beberapa usaha. Salah satunya adalah dengan saling merayu sepanjang hari entah itu lewat telepon,  sms, dan lainnya sebagai pemanasan sebelum akhirnya Anda betemu di rumah, malam hari dan siap melakukannya.

3. Ciptakan suasana relaks
Suasana relaks bisa Anda ciptakan,  misalnya dengan menonton DVD film romantis sambil Anda menyusui si kecil. Ajak pasangan untuk menonton atau biarkan ia melakukan hobinya seperti membaca buku. Kegiatan yang Anda lakukan sebelum bercinta ini  bisa jadi foreplay juga Meski begitu, foreplay yang sebenarnya tetap perlu Anda dan pasangan lakukan sebelum aktivitas bercinta itu dilakukan.


4. Jelajahi tempat berbeda
Selama ini boleh jadi,  tempat tidur adalah satu-satunya tempat yang paling aman dan nyaman bagi Anda.  Padahal,  tempat seperti ruang tamu, kamar mandi bahkan dapur bisa juga Anda jadikan tempat bercinta yang menyenangkan juga. Menurut pakar seks Ian Kerner, melakukan sesuatu yang tidak biasa di tempat baru, bisa membuat Anda dan pasangan semakin bergairah.

5. Kesempatan dalam Kesempitan
Umumnya si kecil  masih akan memiliki jam tidur panjang yang terbagi dalam beberapa kali dalam sehari. Anda yang tahu jadwal tidurnya secara pasti,  bisa merencanakan kapan waktu yang paling memungkinkan untuk Anda berhubungan seks.  Tentu saja hal ini hanya bisa Anda lakukan selama akhir pekan atau libur saja, saat Anda berdua tidak bekerja.

6. Jeda Sejenak
Menjadi ibu, meski membahagiakan, bisa sangat melelahkan dan membuat Anda stres. Tidak ada salahnya  Anda mengambil jeda sejenak dengan meminta tolong saudara atau orangtua untuk menjaga si kecil, sementara Anda menikmati waktu berdua.  Cara ini akan menyegarkan pikiran dan membantu membangun mood Anda  berdua.

Kapan waktunya?

Berhubungan seks seusai melahirkan sebaiknya dimulai  6 minggu seusai melahirkan. Ini didasarkan pada fakta bahwa rahim kembali ke bentuk normal setelah 6 minggu kemudian.  

KONSULTAN: Zoya Amirin, M.Psi., Psikolog Seksual, Staf  Pengajar di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
 

 



Artikel Rekomendasi