Membaca Logo Produk Ramah Lingkungan

 

Jadilah konsumen pintar dengan mampu memilih produk yang ramah lingkungan. Caranya, dengan membaca logo yang tertera pada kemasan produk. 

Logo yang sudah kerap kita temukan di kemasan produk, artinya bahwa bahan dasar barang tersebut bisa didaur ulang, baik dilakukan sendiri di rumah atau dikembalikan kepada produsen. 


Bahan dasar produk maupun kemasannya aman untuk lingkungan. Produk kertas tisu, misalnya, berarti bebas klorin dan terbuat dari kertas daur ulang. Deterjen berlogo ini, berarti sudah teruji ramah lingkungan.


 Logo Green Dot, merupakan simbol lisensi dari jaringan industri Eropa yang menggunakan kemasan berbahan material yang bisa didaur ulang.




Produsen mengklaim tidak melakukan tes pada hewan dalam keseluruhan  proses produksi dari barang yang Anda beli. Umumya terdapat pada produk kosmetik.


Logo ini berarti Anda diminta untuk menyimpan produk tersebut dengan baik, tidak diletakkan dan dibuang sembarangan setelah produk habis digunakan. Sangat berguna untuk mengingatkan kita untuk tidak buang sampah sembarangan.

Wadah plastik atau melamin aman untuk dipanaskan dalam microwave atau oven karena tahan terhadap suhu tinggi. Sebaliknya, bila logo bercoret garis maka wadah tersebut dilarang dipanaskan dengan microwave


Simbol ‘Food Grade’ yang menandakan bahwa wadah tersebut aman untuk menyimpan makanan dan minuman. Bila logo bercoret berarti wadah tersebut dikategorikan  ‘Non Food Grade’.


Freezer Safe, artinya wadah tersebut aman untuk menyimpan makanan dan minuman di dalam suhu rendah, yaitu di dalam freezer. Logo bercoret berarti sebaliknya.


Logo Fair Trade Certified ini dicantumkan pada kemasan produk yang melakukan pemberdayaan terhadap petani, peternak dan pekerja di produsen barang tersebut, agar terangkat dari garis kemiskinan.







1. Pakaian boleh dicuci dengan berbagai macam sabun pencuci.
2. Cuci pakaian dengan menggunakan Perchlorethylene dan zat pembersih ringan.
3. Pakaian hanya bisa dicuci dengan bahan lembut atau mild detergent (CFC113).
4. Pakaian tidak boleh dicuci kering atau drycleaning.

1.  Pakaian tersebut aman bila diberi pemutih berbahan klorin.
2.  Pakaian tidak boleh diberi pemutih.


Baca:
Membaca Logo Produk Kemasan Plastik







 



  




 



Artikel Rekomendasi