Membuat Kamar Mandi Selalu Bersih

 

Lakukan pemeliharaan kamar mandi secara rutin. Paling tidak ada dua aktivitas perawatan rutin kamar mandi yang harus dilakukan, yakni perawatan sehari-hari dan pemebersihan besar seminggu sekali.

1. Perawatan sehari-hari
.
  • Menggosok dinding maupun lantai kamar mandi dengan karbol ataupun cairan pembersih lain. Setelah itu, bilas  dengan air bersih agar  tidak ada kotoran atau lumut yang telanjur terakumulasi dan sulit dibersihkan.
  • Gunakan cairan pembersih secukupnya. Bila berlebihan, kuman pembusuk pada saluran air dan septic tank akan mati sehingga proses pembusukan kotoran tak berjalan sebagaimana mestinya. Akibatnya, saluran air Anda akan terhambat, cepat penuh, dan sebagainya. Bila mungkin, pilih cairan pembersih yang ramah lingkungan, tidak berbau, dan tidak mematikan bakteri pembusuk di saluran air.
2. Pembersihan besar seminggu sekali meliputi membersihkan kloset dan menguras bak air.
  • Kloset, tuang sedikit pemutih ke dalam kloset, atau perciki dengan bubuk pembersih yang cocok, sikat dengan sikat kloset. Setelah itu, bilas sikat kloset dengan air sabun panas. Bersihkan dudukan kloset dengan cairan desinfektan, siram dengan air.  
  • Bak air, bila ada bagian yang kotor, siram dengan  air sepanas mungkin selama beberapa saat agar mudah dibersihkan, lalu sikat, bilas sampai bersih dan keringkan. Bisa juga Anda gunakan cairan permbersih, tergantung bahan bak tersebut.  
  • Kran air, gosok dengan pembersih untuk stainless steel, bilas dengan air panas. Lap kran sampai kering. Bila kran air lama tidak digunakan, alirkan air panas, biarkan beberapa menit sebelum digunakan. (me)
Baca juga:
Mencegah Kecelakaan Balita Di Kamar Mandi
Ajarkan Balita Menjaga Kebersihan Kamar Mandi

 



Artikel Rekomendasi

post4

10 Cara Ajak Balita Cinta Bumi!

Kita semua perlu peduli dan mencintai lingkungan, termasuk si balita juga bisa! Apalagi anak-anak adalah generasi penerus yang akan hidup lebih panjang menikmati bumi yang indah. Apa yang bisa Anda aj... read more