Mengenal Bahasa Tubuh

 

Kesan pertama seseorang didominasi oleh bahasa tubuh, selebihnya nada suara dan pesan yang Anda sampaikan. Penulis buku Nice Girls Don’t Get The Corner Office, Dr Lois Frankel mengatakan kesan pertama merupakan kesempatan pertama untuk seseorang 'menjual diri', kemampuan, dan image diri. Coba baca bahasa tubuh kolega baru Anda!
  • Memiringkan kepala saat mendengarkan orang lain bicara dapat diinterpretasi sebagai tanda perhatian atau sedang menyimak.
  • Menyilangkan kaki saat posisi duduk menunjukkan sikap perlawanan, mencoba bertahan karena sedang tidak menerima pendapat lawan bicara. Tip: Duduk dengan posisi kaki tertutup rapat dan tegak, sebagai tanda kewibawaan.
  • Tersenyum merupakan sikap menghargai orang lain di hadapannya. Namun,  senyum berlebihan bisa diindikasi sebagai meremehkan atau tidak menganggap serius.
  • Melipat tangan di depan dada bisa dikonotasikan sebagai bentuk mempertahankan diri dari serangan atau jebakan dari luar, bisa juga sebagai tanda ketidaknyamanan. Tip: Duduk dengan posisi tubuh tegak dan letakkan tangan di pangkuan, posisi tangan saling menjabat ringan satu sama lain.
  • Memainkan rambut, perhiasan atau pakaian memberikan kesan seseorang dalam keadaan gelisah, menutupi sesuatu dan bosan. Hati-hati, beberapa orang  menganggap cara ini adalah tanda mengirimkan pesan menggoda.
Foto/DOk. Ayahbunda

 



Artikel Rekomendasi