Obat manjur dari dapur

 

Beberapa keluhan atau penyakit bisa Anda obati sendiri sebagai pertolongan pertama. Obatnya ada di dapur Anda!
  • Pusing: Gunakan 3 butir bawang merah, 1 sendok teh remasan air jeruk nipis dan 1 sendok teh jinten manis yang dihaluskan, lalu tempel ke pelipis dahi 1-2 kali atau sebanyak yang dibutuhkan. Atau gunakan  1 ruas jari jahe yang di keprek kemudian direbus dan diminum airnya. Jahe merah bisa diminum untuk redakan pusing dengan catatan Anda tidak memiliki keluhan lain seperti mual, sakit lambung atau kembung. Jika Anda memiliki keluhan tersebut, maka rebuslah jahe putih.
  • Mual-Muntah: Keprek 1 sendok teh adas agar minyak atsiri keluar dan 1 ruas jari jahe. kemudian seduh dengan air panas, tunggu hangat baru diminum. Atau seduh daun mint. Jahe mengandung minyak atsiri dan gingerol yang berkhasiat menekan reflek muntah. Minyak atsiri berefek menyegarkan sedangkan gingerol dapat melancarkan peredaran darah sehingga syaraf-syaraf bekerja dengan baik. Sehingga kepala menjadi lebih segar dan mual muntah dapat ditekan.
  • Pegal-pegal: Rebus 1 ruas jari lengkuas, kencur dan 1-2 biji cengkeh kemudian diminum. Anda juga bisa gunakan beras kencur yang sudah dihaluskan untuk dibalurkan ke bagian tubuh yang terasa pegal. Rendam kaki di air garam boleh-boleh saja asal kehamilan normal –tekanan darah tidak tinggi dan tidak eklamsia.
  • Kram dan sakit pada kaki: Campur minyak kayu putih dan minyak telon dan balurkan pada kaki yang kram atau sakit. Cara lain, rendam kaki di air rebusan jahe sebanyak 1 rimpang yang sebelumnya dicacah halus. Jahe dapat membantu meredakan nyeri akibat kram atau sakit pada kaki.
  • Kaki bengkak: Balurkan ketumbar dan beras kencur tumbuk. Beras kencur bersifat hangat sehingga dapat memperlancar aliran darah dan bengkak pada kaki hilang.
  • Sakit pinggang: Gunakan 1 ruas jari lengkuas ditambah kencur dan 1 ruas jari jahe, rebus kemudian minum hangat. Jahe disini berguna untuk melancarkan sirkulasi darah sehingga sakit pinggang dapat teratasi.
  • Gatal-gatal: Minumlah rebusan 1 ruas jari kunyit ditambah daun sirih. Cara lain, peras kunyit parut ditambah perasan daun sirih lalu diminum. Anda juga bisa membalurkan kedua bahan ini di bagian yang gatal dengan dihaluskan terlebih dahulu.
  • Nyeri ulu hati: Rebus kelabet dan temulawak, kemudian minum. Jika nyeri ulu hati disertai dengan kembung, mual atau merasa tidak enak di dalam perut, tambahkan adas. Kelabet adalah biji tanaman yang biasa digunakan untuk bumbu masakan Timur Tengah seperti gulai kambing. Biji kelabet ini berbentuk tidak beraturan dan berwarna kuning muda. Di India, klabet dikenal dengan sebutan methi. Kelabet dapat digunakan juga untuk memperlancar asi.
  • Sembelit: Rebus temulawak, kemudian minum. Atau gunakan daun senna, rebus lalu minum atau bisa dimakan langsung. Daun senna adalah nama asli dari teh daun jati cina yang berasal dari Afrika, Timur Tengah –Mesir dan Sudan-. Selama berabad-abad daun senna sudah digunakan sebagai obat untuk mengatasi sembelit. Daun senna ini bekerja dengan cara mempercepat gerakan hasil pencernaan di usus sehingga menaikkan volume hasil pencernan.
  • Gusi berdarah: Makan belimbing wuluh atau tempelkan pada bagian gusi yang berdarah. Atau  rebus daun sirih, lalu minum airnya, atau haluskan daun sirih kemudian tempelkan di gusi yang berdarah.
  • Mudah lelah letih: Rebus 1 kelingking kayu manis, sedikit lada putih dan 1 ruas jari kunyit. Sedikit lada putih dapat manambah rasa hangat dan menyegarkan badan.
  • Keputihan:  Keprek 1 siung bawang putih lalu rebus bersama daun sirih, kemudian gunakan untuk membasuh alat kelamin. Atau gunakan vaginal dust –alat yang dimasukkan ke dalam vagina- lalu semprotkan ke dalam air rebusan daun sirih dan bawang putih. Bawang putih dalam mengatasi keputihan berfungsi sebagai antibiotik dan daun sirih berfungsi sebagai anti septik.
  • Batuk dan flu: Campurkan 1 ruas jari jahe, 1 kelingking kayu manis, 1-2 biji cengkeh dan 1 buah asam jawa, rebus lalu minum airnya. Jika batuknya berjenis batuk kering, Anda dapat menambahkan dengan daun mint pada air rebusan tersebut.
  • Susah tidur: Minum susu jahe agar lebih rileks. Atau gunakan 1 lembar daun lenglengan segar, cuci bersih kemudian rebus dengan 2 gelas air minum selama 15 menit, disaring dan minum sebelum tidur. Lebih praktis lagi, keprek daun lenglengan lalu cium, atau isi bantan tidur dengan daun lenglengan kering.  Daun lenglengan di Jawa dikenal dengan daun setan, lingko-lingoan, atau plengan. Di Sunda dikenal dengan nama paci-paci.
  • Panas dalam: Peras jeruk nipis lalu beri sedikit kapur sirih kemudian minum. Atau gunakan akar ilalang atau yang dikenal dengan  alang-alang. Bagian alang-alang yang bisa dimanfaatkan adalah bagian rimpangnya, baik yang segar maupun yang telah dikeringkan.
Baca juga:
Gunakan Tanaman Obat Keluarga
Obat Manjur Dari Kebun

 



Artikel Rekomendasi